Safiroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Fenomena Dead Sea yang Berkesan
Floating egg google

Fenomena Dead Sea yang Berkesan

Pandemi menuntut guru melek digital. Menguasai teknologi informasi sangatlah menunjang. Bagaimana tidak? Pembelajaran Jarak Jauh online hingga saat ini, membutuhkan media yang tak lepas dari internet. Tak pelak, kini menjamur guru youtuber. Penyedia konten pembelajaran baik untuk siswanya sendiri bahkan masyarakat umum. Lebih luas bisa menjadi sumber inspirasi bagi pengajar lain dan juga orang tua siswa.

Salah satu kegiatan yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah eksperimen. Aku ingat serunya anak-anak bila mendengar fun activity itu. Bagaimanapun, kini hanya bisa membagikan keceriaan itu melalui video.

Kusiapkan narasi untuk membuat video eksperimen telur mengapung, melayang, dan tenggelam. Sebelumnya kulakukan riset singkat dengan membaca beragam referensi yang mendukung. Berikut narasi yang saya buat.

***

“Anak-anak...sungguh Alloh Maha Kuasa dengan segala ciptaannya. Diantara bukti keagungannya adalah adanya laut mati atau disebut dead sea dalam bahasa inggris dan bahrul mayyit dalam bahasa arab. Laut ini sangat unik anak-anak. Mengapa? karena kadar garam dalam airnya 9 kali lebih asin dari air laut pada umumnya. Dengan demikian, tentu tidak ada makhluk yang bisa bertahan di sana. Tumbuhan dan hewan akan binasa. Benda-benda yang dimasukakan ke air akan mengapung. Bahkan bagi kita yang belum belum bisa beranang tidak perlu khawatir. Saat berendam pun kita bisa mengapung.

Anak-anak selanjutnya kita akan berkesperimen tentang perilaku telur dalam air dan larutan garam. Yuk siapkan alat dan bahannya. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya ya. Semangat anak-anak.”

Bagian ini, kusingkat saja ya. Pasti gurusianer semua, sudah familiar banget dengan dengan eksperimen ini. Selanjutnya kututup dengan kesimpulan berikut.

“Bu Guru jadi nggak sabar nih mau tau apa yang terjadi saat telur kita masukkan pada larutan garam 4 sdm? Anak-anak di rumah juga penasaran kan? Ayo kita amati!!! Bagaimana telurnya anak? Betul!!! telunya mengapung.

Kesimpulannya adalah semakin tinggi konsentrasi garam dalam air akan mengangkat posisi telur dari dasar gelas,  sehingga melayang pada larutan dgn 2 sdm garam  dan mengapung pada larutan dgn 4 sdm garam.

Nah anak-anak itulah eksperimen hari ini. Selamat mencoba di rumah ya.”

***

Dokumentasi kegiatan anak-anak yang dikirim melalui google classroom, menunjukkan betapa excitednya mereka. Beragam respon lainnya justru ketakjuban mereka pada video tentang fenomena dead sea itu.

 

“Seru Bu Guru videonya. Pengen berenang di Laut Mati. Enak nggak usah pakai pelampung,” kata Akbar dalam komennya. Ungkapan senada juga ditulis teman-temannya. Bagaimana dengan gurusianer, ingin merasakan sensasi mengapung di Laut Mati?

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren idenya.

06 Aug
Balas

Terima kasih Bunda apresiasinya. salam sehat selalu.

07 Aug

Mantap mbak.. Kondisi sekarang membuat sang guru makin kreatif. Sukses selalu

06 Aug
Balas

Benar Pak, sebuah tuntutan. Terima kasih atas motivasinya.

07 Aug

Kreatiiiifffff.... Keren banget, Bunda

06 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasi dan motivasinya Bunda.

07 Aug

Ulasan yang sangat Bermanfaat. Eksperimen yang luar biasa.Semoga sehat dan sukses selalu buat ibu bersama Keluarga tercintanya

06 Aug
Balas

Terima kasih atas hadir dan apresiasinya. Salam sehat Pak.

07 Aug

Keren dan kreatif bunda.Pasti menyenangkan pesrta didik.Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS.

06 Aug
Balas

Njih Pak Dhe, leres sanget, mereka senang. Salam sehat Pak Dhe

07 Aug

Keren. Percobaan yang keren. Guru yang keren. Sukses bunda. Aamiin

06 Aug
Balas

Terima kasih atas motivasi dan apresiasinya. Salam sehat Bunda.

07 Aug

Amazing. Ulasannya Bu

06 Aug
Balas

Thank you so much. Stay safe and helathy.

07 Aug

Pratikum yang menawan.... Asyiiknya bereksprimen. Sehat dan sukses selalu Bu cantik

06 Aug
Balas

Barokalloh. Terima kasih selalu atas hadir dan motivasi Bunda Elvina.

07 Aug

Kreatif sekali bundaku yg satu ini,,,ditunggu ide brilian selanjutnya Bunda,, salam sehat.

07 Aug
Balas

Eksperimen yang keren. Semoga Bunda sehat selalu aamiin

06 Aug
Balas

Alhamdulillah, seru Bun. salam sehat selalu.

07 Aug

Wah jika guru kayak, Bu Safiroh pasti para emak senang tak ada drama malas-malasan belajar daring jika tugasnya hanya merangkumkan,tapi dengan sains magic lebih mengenangkan, sukses selalu cekgu

06 Aug
Balas

Benar Bun, sains magic, berkesan banget. Salam sehat dan semangat berkarya.

07 Aug

Wah guru IPA yg inovatif nih.. kereen Bu Safiroh

06 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya, Pak. Salam sehat selalu.

07 Aug

Luar biasa bucan, salam sukses

06 Aug
Balas

Terima kasih Bunda atas apresiasinya. Salam sehat.

07 Aug

Percobaan sederhana tapi ilmiah. Inspiratif

06 Aug
Balas

Sederhana, benar Pak. Alhamdulillah kuriositas tinggi. Salam sehat Pak.

07 Aug

Luar biasa sekali Bu. Keren banget

06 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya, Pak.

07 Aug

Keren ulasannya Bunda, super kreatif, salam sukses selalu

06 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Salam sehat dan sukses selalu.

07 Aug

Keren Bu. Super kreatif. Sukses selalu ya. Salam.

06 Aug
Balas

Terima kasih Bunda atas motivasinya. Salam.

07 Aug

Mantap bu reportasenya. Sangat bermanfaat. Semoga sukses selalu!

06 Aug
Balas

Terima kasih Bunda. Salam semangat berkarya dan sehat selalu.

07 Aug

Keren ekperimennya! Dengan cara yang sama bisa menjadi tugas "Procedure", Bu. Pembuatan telur asin tanpa belepotan bubuk abu/bata. Buat larutan garam jenuh, masukkan telur ayam/bebek yang sudah dibersihkan, simpan lebih kurang sepuluh hari. Taraaa... Abrakadabra.... Jadi telur asin! Jangan lupa direbus dulu sebelum dimakan.

06 Aug
Balas

Pakai garam bata atau garam krosok yang lebih murah.

06 Aug

Wah benar sekali Pak. Eksperimen plus menikmati produknya. Telur asin suka. Sip Pak idenya. Terima ksih atas motivasinya.

07 Aug

Keren bunda, sangat menarik untuk anak, salam sehat selalu

06 Aug
Balas

Alhamdulillah, terima kasih atas motivasinya Bunda.

07 Aug

Mantab Bu Safiroh.. pasti anak2 senang eksperimennya

06 Aug
Balas

Terima kasih, benar Bunda, mereka sangat excited sekali.

07 Aug

Terima kasih banyak untuk Admin dan sahabat pembaca yang berbahagia. Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Salam literasi.

08 Aug
Balas



search

New Post