Safiroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Eksperimen Susu Pelangi
Color Changing Milk Experiment.google

Eksperimen Susu Pelangi

Di sentra sains, kuperagakan langkah-langkah eksperimen. Anak-anak tetap konsentrasi dan penuh penasaran. Sorak ceria juga selalu terdengar. Ada juga yang perlu dikawal khusus. Seorang anak yang lebih aktif geraknya.

“Students, are you ready?” tanyaku memecahkan suasana.

“Sebelumnya, jawab yel-yel dulu ya!” lanjutku.

“Saintis cilik!!!” kutinggikan suaraku untuk menguasai kelas.

“Yes!!! jawab mereka dengan gesture sigap.

“Eksperimen!!!”

“Oke”

“Generasi emas!!!

“Siap!!! yes…yes…yes…( diiringi tepuk)

“Siap!!! yes…yes…yes…( diiringi tepuk). Hore!!! (dua tangan ke atas)

Bahan-bahan eksperimen telah kutata di meja. Jarak pandang yang terjangkau dari posisi anak-anak. Warning lampu kuning selalu kunyalakan agar mereka tidak melewati batas garis. Sabar menunggu giliran adalah pembiasaan hal baik yang selalu kutanamkan.

“Ayo, sebutkan bahan yang Bu Guru pegang. Ini namanya apa? Warnanya apa?” tanyaku sambil mengangkat kotak susu”

“Susu, Bu. Warna putih.” jawab Amira paling cepat.

“Baik, anak-anak. Eksperimen kita akan melihat pelangi, lho, karena itu pilih susu yang berwarna putih.”

“Kalau yang ini, apa namanya?” tunjukku membawa botol-botol pewarna.

“Pewarna makanan, Bu.” jawab beberapa anak sambil menyebutkan warnanya masing-masing.

“Betul, ada warna primer, merah, kuning, biru, ditambah lagi warna hijau. Nah yang ini, iapa yang tahu, apa namanya?” kuangkat sunlight sachet.

“Untuk cuci piring, Bu” jawab Ninin yang sangat perhatian.

Melalui tanya jawab, anak-anak berlatih untuk fokus, aktif berfikir agar wawasannya luas, dan terampil berbahasa. Kepercayaan diri juga bisa ditumbuhkan. Tidak semua anak berani mengemukakan jawaban. Diam saja atau bahkan beralih pada kegiatan yang lain. Stimulasi harus kreatif dengan berbagai cara.

Setelah menyebutkan bahan, alat, warna, dan jumlahnya masing-masing, kegiatan siap dimulai. Oh ya, satu hal harus diutamakan adalah safety. Pada saat guru menyampaikan aturan kegiatan, harus benar-benar ditekankan tentang berbagai hal yang mungkin terjadi. Misalnya tentang bahan yang bisa tumpah, atau alat yang bisa jatuh, pecah, bahkan berceceran.

Satu hal yang kurindukan diantara berbagai keseruan saat pembelajaran tatap muka. Eksperimen. Kenangan di atas pada saat menghandle sentra sains. Seru bukan?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat rindu pada mereka ya bunda. Smg pandemi C19 sgr berlalu

07 Aug
Balas

Benar Bun, rindu keceriaan dan rutinitas yang aktif Bunda. salam sehat.

07 Aug

Seru, Bu Guruuu.... Mau lagiiiii hehe.... Kereeennnn

07 Aug
Balas

Hehe, eksperimen nagih yaaa...Salam sehat selalu Bunda.

07 Aug

Keren luar biasa Bu Safiroh, mencerahkan, Barokallah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah, terima kasih Pak Haji. Sehat selalu, Barokalloh.

07 Aug

Keren. Ulasannya sangat menarik dan bermanfaat. Semoga sehat dan sukses selalu buat ibu bersama Keluarga tercintanya

07 Aug
Balas

Terima kasih apresiasinya, Pak. Salam semangat dan sukses selalu.

07 Aug

Woei keren banget Mbak Firoh. Salam sehat dan bahagia buat Mbak Firoh.

07 Aug
Balas

Bu Lastri yang selalu menebar semangat. Suka. Terima kasih motivasinya selalu. Salam sehat selalu.

07 Aug

Asyik dan seru yah Bund. Jadi rindu suasana offline. Sukses selalu dan barakallahu fiik

07 Aug
Balas

Benar Bunda. Eksperimen sederhana ini bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Salam sehat Bunda.

07 Aug

Informatif dan mencerahkan bunda. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga. Efek SKSS pasti poin terus bertambah banyak. Tiap kali membuka komentar sahabat pasti melihat poin bunda.Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS.

07 Aug
Balas

Matur nuwun sanget Pak Dhe. Teriring harapan yang sama untuk Pak Dhe dan keluarga.

07 Aug

Cerita tertata dengan kalimat bahasa sanis. amazing

07 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiainya Pak. Salam sehat selalu.

07 Aug

Sains selalu menawan. Sehat dan sukses selalu Bu cantik

07 Aug
Balas

Yeesss, sains mengasyikkan Bunda. Terima kasih dan salam sehat Bunda.

07 Aug

Kayaknya harus benar-benar dicoba ini bund,,,jd penasaran,,, Terima kasih sdh berbagi,,, salam sukses

07 Aug
Balas

Hmm...mencoba? Yuk Bun, akan seru banget. Selam semangat berkarya. Terima kasih.

07 Aug

Seru..rindu tatap muka

07 Aug
Balas

Iya Bunda, seru bingit dunia PAUD. Hehe. Salam sehat selalu.

07 Aug

Asyik dan seru banget ya Bu. Keren dan salam sukses

07 Aug
Balas

Benar Bunda. Aksi saintis cilik. Terima kasih apresiasinya. Salam sehat selalu.

07 Aug

Luar biasa, keren banget dan mencerahkan, sukses selalu untuk Ibu

07 Aug
Balas

Terima kasih atas hadir dan apresiasinya. Salam sehat selalu Pak.

07 Aug

Kegiatan eksperimen yang mengasyikkan. Semoga sehat selalu buat Ibu Safiroh

07 Aug
Balas

Benar Pak, anak-anak sangat antusia pada kegiatan eksperimen. Salam sehat selalu.

07 Aug

Alhamdulillah terima kasih Bunda sungguh menginspirasi. Semoga Bunda sehat selalu aamiin

07 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya Bunda. salam sehat selalu.

07 Aug

Ulasan yang keren bunda

07 Aug
Balas

Terima kasih selalu Bunda.

07 Aug

Inspiratif.. Salam sukses bunda.

07 Aug
Balas

Terima kasih Bunda apresiasinya. Salam sehat selalu.

07 Aug

Menginspirasi sekali bunda, ada hal yang selalu kita rindukan tatkala tatap muka.

07 Aug
Balas

Barokalloh Bunda, benar sekali Bun. Salam patuhi prokes Bun. Stay safe and healthy.

07 Aug

Tulisan yang menguasai tata ketik. Salam literasi selalu Bu Safiroh

07 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Salam sehat selalu Pak.

07 Aug

Eksperimen yang mengasyikkan.. tapi sepertinya 2 kali tercopy paste tulisannya Bun.. Salam sukses selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih atas perhatiannya. saya edit Bunda. Salam sehat

07 Aug

Keren banget Bu.

07 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya Pak.

07 Aug

Sangat inspiratif bunda. Sy inginadopsi programnya dlm daring. Slm sukses.

07 Aug
Balas

Monggo Bunda, pasti seru. Stay happy dan healthy Bunda.

07 Aug

Keren ulasannya bunda. Salam sukses selalu bunda

07 Aug
Balas

Terima kasih Bunda atas apresiasinya. salam semangat berkarya. Sehat selalu Bunda

07 Aug

Pembelajaran yang seruuu, Bu. Pasti anak-anak suka. Salam sukses, Bu.

07 Aug
Balas

Benar banget. Mereka suka sekali eksperimen. Salam sukses Bu Cicik.

07 Aug

Asyik sekali, saya serius mengikuti petunjuk Bu Guru...Keren Bunda tulisannya, sukses selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih banyak apresiasinya Bunda. Sukses dan sehat selalu.

07 Aug

Keren Ibu. Sukses dan semangat selalu ya. Salam.

07 Aug
Balas

Terima kasih atas apresiasinya selalu Bunda. Salam

07 Aug

duch asyiknya, seru dech bersama anak-anak nggih bunda betapa riangnya mereka...sehat n sukses sll bunda cantik

07 Aug
Balas

Benar Bun, saat melihat pelangi, mereka pasti heboh banget. Salam sehat selalu.

07 Aug

Pembelajaran yang meanrik..sukses selalu bun

07 Aug
Balas

Terima kasih Bu Lia. Salam sehat.

07 Aug

Eksperimen yg keren bunda. Inspiratif.

07 Aug
Balas

Terima kasih Bunda apresiasinya. Salam sehat selalu.

07 Aug

Keren ulasannya bunda, kreatif, salam sehat selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Salam sehat.

07 Aug

Ekseprimen yang menyenangkan. Salam sehat dan literasi

07 Aug
Balas

Seru Bunda. Hehe. Anak-anak bilang kegiatannya berkesan . Salam sehat selalu.

07 Aug

Ulasan yang sangat keren bu keren penuh semangat daan inspiratif semoga tambah suskses dan sehat selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih banyak motivasi dan apresiasinya, Pak.

07 Aug

Kegiatan pembalajaran scientific learning ya miss Gita, keren bnget, , murid2 SD pasti tertarik, tapi maaf, itu kok di ulang 2x tulisannya?

07 Aug
Balas

Sorry, maksud Saya Miss Firoh, maaf,

07 Aug

Terima kasih atas perhatiannya, saya edit Bunda. Salm sehat.

07 Aug

Sangat inspiratif dan inofatif sukses selalu bunda safiroh sehat bersama keluarga

07 Aug
Balas

ALhamdulillah, terima kasih Pak Thanil atas apresiasinya. Salam sukses.

07 Aug

Ulasan yg menarik dan bermanfaat. Sukses selalu Bunda Safiroh

07 Aug
Balas

Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasinya. Salam sehat Bunda.

07 Aug

Wah keren ini.. sangat inspiratif.. sukses selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih Bunda atas motivasi dan apresiasinya. Salam sehat.

07 Aug

Terima kasih banyak untuk Admin dan sahabat pembaca yang berbahagia. Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Salam literasi.

08 Aug
Balas



search

New Post