Fithriyah

Fithriyah dilahirkan di Kediri, bulan September tahun 1977. Putra dari Bapak Dartojo dan Ibu Siti Fathonah. Pendidikan SD sampai SMA ditempuh di kota Pare-Kedir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar?

Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar?

Saya seringkali mendapatkan pertanyaan seperti itu dari murid-murid di dalam kelas. Pertanyaan tersebut biasanya muncul saat membahas sistem reproduksi manusia. Terutama saat pembahasan sampai pada proses fertilisasi, kehamilan hingga proses kelahiran. Seperti yang sudah lazim diketahui, kehamilan diawali dari peristiwa pembuahan, yaitu bertemunya sel telur dan sel sperma dalam saluran telur wanita. Pada umumnya, setiap wanita hanya akan menghasilkan satu sel telur saja setiap bulan. Karena wanita itu memiliki dua ovarium, maka setiap bulan akan bergiliran ovarium yang menghasilkan. Jika bulan ini ovarium kanan, maka bulan berikutnya ganti ovarium kiri. Begitu seterusnya. Nah, biasanya di sinilah muncul pertanyaan, kalau bayi kembar gimana tuh? Apakah berarti sel telurnya ada dua? Saya akan selalu bersemangat menjawab pertanyaan seperti ini karena saya punya anak kembar he he. Kembar laki-laki dan perempuan. Mangstap kan!? Jadi saya tak hanya bisa bicara teorinya doang ya, tapi ada buktinya Teman-teman, bayi kembar itu ada dua macam. Ada kembar identik dan adapula kembar tak identik. Kembar identik dikenal juga dengan kembar monozigotik, sedangkan kembar tak identik disebut juga kembar dizigotik. Kembar monozigotik artinya kembar dari satu zigot. Satu zigot ini tentu saja berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma. Dalam perkembangan selanjutnya satu zigot ini berkembang menjadi dua bayi kembar. Untuk bayi kembar identik ini kemiripannya bisa lebih dari 90 % dan jenis kelaminnya pasti sama. Jika yang satu perempuan, ya kembarannya perempuan juga. Begitu pun sebaliknya. Sementara kalau kembar dizigotik atau kembar tak identik, kembar ini berasal dari dua zigot. Dua zigot itu tentu berasal dari dua buah sel telur yang masing-masing dibuahi oleh satu sel sperma. Bayi kembar dizigotik ini bisa memiliki jenis kelamin yang sama, bisa juga memiliki jenis kelamin berbeda. Jadi bayi kembar bisa berasal dari satu sel telur, bisa juga berasal dari dua sel telur. Kalau anak kembar yang saya miliki ini berarti kembar tak identik karena menghasilkan kembar laki-laki dan perempuan. Begitu teman-teman ceritanya. Jadi, siapa nih yang pingin punya bayi kembar?
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah bu Mimin... Saya dulu juga tak menyangka akan punya bayi kembar...

11 Nov
Balas

Subhanalloh, Keren Bu! Informatif! Dua hal yang kembar juga, tulisan keren! Punya bayi kembar, keren juga. Alhamdulillah.

11 Nov
Balas



search

New Post