Fithriyah

Fithriyah dilahirkan di Kediri, bulan September tahun 1977. Putra dari Bapak Dartojo dan Ibu Siti Fathonah. Pendidikan SD sampai SMA ditempuh di kota Pare-Kedir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelajaran Saat Musim Hujan

Pelajaran Saat Musim Hujan

Ada banyak hal yang dapat kita jumpai saat mulai masuk musim penghujan seperti saat ini. Salah satunya adalah serangga kecil ini, 'laron'. Kita semua pasti kenal dengan serangga yang selalu masuk rumah saat senja atau malam hari dan mengerumuni lampu ini. Dulu waktu masih kecil pasti ada yang suka main-main dengan laron ini, kan!? Bahkan mungkin ada yang suka memburu, menggoreng hingga memakannya.

Darimanakah sebenarnya laron ini berasal?

Laron sebenarnya adalah rayap yang bersayap. Laron merupakan serangga sosial, selalu hidup secara berkelompok seperti halnya semut dan lebah. Dalam 1 kelompok, terdapat ratu, pekerja dan tentara. Rayap yang termasuk tentara dan pekerja tidak memiliki sayap, steril (tak dapat menghasilkan keturunan), dan berwarna putih. Sedangkan rayap jantan dan betina normal memiliki dua pasang sayap yang sama dan tipis. Karena sayapnya yang sama inilah serangga (insecta) ini dimasukkan dalam marga Isoptera. Saat terbang keluar dari sarangnya itulah ia disebut dengan 'laron'.

Lalu mengapa ia terbang keluar dari sarangnya?

Laron keluar dari kegelapan tempat hidupnya dalam tanah menuju sinar (cahaya) untuk menemukan pasangannya. Setelah bertemu pasangannya dan melakukan perkawinan di udara, laron segera menanggalkan sayapnya, berjalan bergandengan bersama pasangannya untuk membuat sarang yang baru.

Apa pelajaran yang dapat kita petik dari kisah itu?

Laron keluar dari kegelapan, terbang untuk temukan pasangan, ini seperti halnya manusia yang harus menuju cahaya yang berperan sebagai petunjuk yang akan menuntunnya untuk temukan pasangan hidupnya. Jika kita muslim, pastilah petunjuknya adalah Alquran dan hadits.

Setelah menemukan pasangannya, laron segera menanggalkan sayapnya. Ini seperti halnya manusia yang harus menanggalkan masa muda dengan segala hitam putihnya, hura-hura yang tak berguna, permainan yang melenakan berganti dengan tanggungjawab baru.

Lalu laron akan berjalan bergandengan, beriringan dengan pasangannya untuk membangun sarangnya. Ini saatnya bagi manusia ketika telah menikah, ada tanggungjawab baru bersama pasangan untuk membangun rumah tangga, istana yang baru dan dibuat senyaman mungkin. Diharapkan dari istana itu akan tumbuh generasi baru yang akan melanjutkan keturunannya.

*****

Keterangan:

Definisi tentang laron diambil dari Kamus Lengkap Biologi, terbitan Tim Kashiko, 2002.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post