FITRIA ANDRIANI, S. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SISWA ZAMAN NOW

SISWA ZAMAN NOW

“siswa sekarang berbeda sekali dengan waktu kita sekolah dulu ya buk. Dulu kalau kita di tegur guru , pasti kita nurut, tapi sekarang, siswa-siswa kita ini susah sekali kalau di nasehati”. Keluhan-keluhan seperti itu banyak,dirasakan oleh sebagian guru saat ini.

Memang tidak dipungkiri, tingkah polah siswa zaman sekarang jauh berbeda dengan siswa dijaman dahulu. Karena memang jaman dan masa nya berbeda. Anak jaman dulu cenderung lebih pendiam dan penurut. Sedangkan anak-anak jaman sekarang lebih aktif dan atraktif. Istilah Kids Jaman Now merupakan istilah kekinian yang banyak digunakan untuk menggambarkan tingkah anak-anak jaman sekarang. Kids Jaman Now sering membuat kita kadang ingin tertawa namun kadang juga ingin mengelus dada. Bagaimana tidak, banyak sekali perilaku mereka yang dianggap sudah melewati batas. Anak SD ada yang sudah berani melawan guru nya, ada juga yang sudah memiliki akun faceebook, instagram dengan postingan-postingan menyerupai orang dewasa. Ada juga yang betah main game ber jam-jam sampai lupa makan dan belajar. Dulu kalau kita ditanya tentang cita-cita kita, pasti jawabannya : ingin jadi presiden, jadi tentara, jadi guru. Namun anak-anak sekarang kalau ditanya cita-cita, mereka akan jawab ingin jadi youtuber, programmer, web designer dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan IT

Kids jaman Now merupakan generasi milenial yang lahir dan tumbuh di era digital, keseharian mereka tidak lepas dari gadget, game dan media social. Hal inilah yang mempengaruhi sikap dan karakter mereka. Sebagai guru, ini merupakan sebuah tantangan berat. Kita tidak bisa menyalahkan kemajuan teknologi, karena kita tidak mungkin bisa menghambat perkembangan teknologi saat ini. Kita hanya perlu memposisikan diri, sebagaimana mestinya, kalau anak didik kita tergolong Kids Jaman Now, kita pun harus menjadikan dan memposisikan diri kita sebagai Guru Jaman Now.

Namun jangan sampai kita salah mengartikan, guru jaman now bukan lah guru yang sukanya berdandan, selfie, update status di media social. Namun guru jaman now disini adalah guru yang bisa menginspirasi siswanya, guru yang bisa menggunakan teknologi untuk bisa masuk kedunia mereka dengan tetap mengedepankan pendidikan serta tetap menjadi guru yang digugu dan ditiru. Lalu bagaimana menjadi guru jaman Now tersebut?.

Pertama: Guru jaman Now harus mampu memahami karakteristik siswanya, karakter siswa sekarang jauh berbeda dengan karakter siswa jaman Old. Karakter siswa sekarang ini beragam, diantaranya suka perdebatan, sangat percaya diri, tidak suka di atur dan dilarang-larang, hal ini harus dipahami guru, karena dengan memahami karakter siswa, maka guru akan lebih mudah menemukan pendekatan seperti apa yang dibutuhkan siswanya sehingga pendidikan karakter yang diharapkan bisa tercapai.

Kedua : guru harus melek teknologi, siswa sekarang sudah pintar dalam mengoperasikan berbagai perangkat digital, mereka sangat aware teknologi, maka dari itu guru pun harus mengimbangi nya dengan menguasai berbagai keterampilan di bidang IT. Saat ini peralatan “tempur” guru jaman now bukan lagi hanya spidol dan buku paket, tetapi harus dilengkapi laptop dan smartphone. Hadirnya guru bersama laptop di dalam kelas, akan meningkatkan marwah nya sebagai seorang guru. Karena dengan menggunakan perangkat digital dalam kegiatan belajar siswa tidak merasa berada diatas angin, karena ternyata guru nya juga mahir mengoperasikan alat-alat digital. Selain itu banyak pembelajaran menarik yang bisa dihadirkan oleh guru guna meningkatkan keaktifan siswa. sehingga pembelajaran terasa lebih bermakna dan tepat sasaran.

Ketiga : Guru Jaman Now memiliki kemampuan berkreasi dan ber inovasi, saat ini jaman sudah berubah dan ilmu pengetahuan pun terus berkembang. Ada banyak hal yang berubah seiring perkembangan zaman, termasuk cara belajar siswa. Generasi sekarang tidak menyukai komunikasi satu arah, mereka menyukai perdebatan. Oleh karena itu siswa generasi now ini tidak layak disuguhi metode ceramah. Mereka tidak akan suka hanya duduk menyimak guru yang mengajar di depan kelas. Untuk itu guru perlu berkreasi dan berinovasi,. Kreasi guru terlihat dari bagaimana kepiawaiannya memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Saat ini guru harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk melibatkan diri dalam memperoleh pengalaman belajarnya.

Empat : guru harus menjadi role model. Masih ingat dengan kalimat “ ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” . Guru itu di depan harus memberi teladan, guru di tengah harus menciptakan prakarsa dan ide, dan dibelakang, guru harus memberikan dorongan dan arahan ( Ki Hajar Dewantara). Ini menjelaskan betapa pentingnya peran guru dalam mendidik siswanya. walaupun saat ini perkembangan teknologi sangatlah luar biasa, siapapun bisa dengan cepat mencari informasi dan belajar melalui internet, namun peran guru tak bakal tergantikan. Karena pada dasarnya profesi guru itu bukan hanya berfungsi mengajarkan ilmu pengetahuan, melainkan juga menanamkan nilai-nilai kehidupan serta keteladan kepada siswa

Akhirnya, guru hanya perlu menyadari bahwa, perubahan itu selalu ada, semuanya tidak mungkin akan selalu sama, apalagi ilmu pengetahuan dan teknologi pasti akan terus berkembang. Maka nya guru pun harus demikian, guru harus sigap melakukan perubahan. Siswa kita sekarang ini, adalah Kids zaman now yang dimanja oleh kemudahan, mereka itu cepat berkembangnya. Maka jangan sampai guru ketinggalan jadilah guru jaman now, yang mampu berkembang sesuai tuntutan zaman. Ikutlah memanfaatkan teknologi, dampingi siswa kita, jadikan mereka siswa yang tidak hanya cerdas dan modern, tetapi juga mempunyai perilaku yang baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses ya bu

26 Mar
Balas

Trims.. Bun Sukses jg buat bu Lizda

03 Apr

Mantul bun

18 Mar
Balas

Hehehe.. Tq

18 Mar

Mantap un.. Semoga suksessss

19 Mar
Balas

Tq.. Sukses jg buat buk lia..

19 Mar



search

New Post