Fitria Gustina

Mengajar di SMAN 69 Jakarta sejak 2002 mata pelajaran Ekonomi/Akuntansi, Berasal dari Solok Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU BERKARYA DAN MERAIH PRESTASI
LOMBA GURU MENULIS BUKU ALAM RANGKA HGN 2020

GURU BERKARYA DAN MERAIH PRESTASI

GURU BERKARYA DAN MERAIH BERPRESTASI

Bisa berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, adalah keinginan semua orang. Akan tetapi tidak semua keinginan tersebut dapat dicapai dan kalaupun bisa belum tentu akan sesuai dengan yang dikehendaki. Karena apapun yang dilakukan seseorang sudah ada jalan dan takdir yang harus ditempuh dan diiringi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Menjadi seorang guru, tidak semudah yang dibayangkan dan tidak semua orang bisa menjalani profesi sebagai seorang guru . Dituntut suatu rasa tanggung jawab yang besar dan keikhlasan dalam melaksanakan tugas. Karena profesi guru nantinya akan menghasilkan generasi penerus dan penentu masa depan bangsa. Dalam menjalani profesi sebagai seorang guru yang mendidik dan membina para peserta didik agar menjadi generasi yang berkualitas dan berkarakter, mereka juga bisa berkarya dan berinovasi. Tidak hanya berhasil mentransfer ilmu pengetahuan ke para peserta didik dikelas, tetapi juga bisa berkarya dengan menghasilkan berbagai karya inovatif. Tidak sedikit para guru yang sudah berhasil berkarya sembari mengajar,

Sukses seorang guru bukan hanya dijenjang karier saja, akan tetapi banyak juga para guru yang sukses dengan menghasilkan suatu karya. Salah satunya berkarya dibidang literasi, banyak yang sudah sukses dan mendapatkan penghargaan dari karya menulis. Guru juga bisa menghasilkan banyak buku dan artikel-artikel yang bermanfaat bagi orang lain serta mampu menggerakkan serta mendorong peserta didik untuk bisa berkarya terutama dalam upaya meningkatkan gerakan literasi disekolah. Sehingga karya para guru dan peserta didik bisa dibaca dan berguna sampai kapanpun walaupun yang menulis buku tersebut sudah tidak ada.

Banyak cara seorang guru untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat dan digunakan oleh orang lain. Berkarya tidak hanya menghasilkan sesuatu yang bisa dijual atau bernilai ekonomis, tetapi juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bagi orang lain sampai kapanpun itu sudah merupakan suatu karya yang sangat luar biasa. Apalagi karya tersebut berupa buku yang membantu orang lain untuk bisa meraih masa depan yang cemerlang dan menjadi sukses. Guru juga bisa menghasilka buku dan artikel-artikel yang bermanfaat bagi orang lain serta mampu menggerakkan serta mendorong peserta didik untuk bisa berkarya terutama dalam upaya meningkatkan gerakan literasi disekolah.

Untuk menjadi guru penulis tidaklah harus seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, seorang penyair, atau seorang puitis. Siapa saja bisa menjadi seorang penulis jika ada kemauan untuk mencurahkan pengalaman dan kesehariannya dalam suatu tulisan. Dari berbagai pengalaman dan catatan hidup juga bisa dituangkan kedalam suatu buku yang akan menjadi maha karya yang sangat luar biasa, apalagi ceritanya bisa memotivasi orang lain untuk menjadi lebih baik dan sukses. kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang panjang serta tergantung dari usaha yang dilakukan serta pengalaman yang dilalui.

Sekarang seorang guru sembari menjalankan tugas pokoknya sebagai seorang pendidik, juga bisa berkarya dibidang lain. Tidak ada larangan bagi para guru untuk menambah pengetahuan/keteranpilannya serta pengalamannya. Walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19, banyak pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara online, guna makin memperkaya kemampuan para guru. Tidak hanya mahir mendidik dan mentransfer ilmu dikelas, tetapi juga bisa sebagai penulis, widyaswara, atau sebagai para narasumber. Guru yang sukses bukan hanya bisa mencetak para generasi yang handal, tetapi guru tersebut juga bisa berkarya di berbagai bidang dan mampu menggerakkan orang lain untuk menjadi lebih maju.

Banyak cara bagi para guru untuk berkarya, karena banyak instansi atau lembaga-lembaga yang melakukan pelatihan-pelatihan. Salah satunya Media Guru yang telah memfasilitasi dan membimbing para guru untuk berkarya. Seperti menulis buku pelajaran, cerpen, novel, puisi, antologi, PTK/PTS, Karya Tulis Ilmiah, artikel-artikel, majalah dan banyak lagi. Dengan adanya Mediaguru banyak para guru yang tergerak untuk menulis dengan jenis tulisan yang berbeda-beda. Bidang studi yang diampu oleh guru tidak mempengaruhi dan menghambatnya untuk berkarya. Guru Indonesia bebas berkarya, untuk menunjang karirnya dan bermanfaat bagi orang lain.

Dengan adanya kasus pendemi covid-19, para guru terpacu untuk selalu belajar dan belajar seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Banyak aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh para guru dalam proses Pembelajaran Jarak Jarak. Dengan berbagai sistem dan metode pembelajaran yang semakin memperdekat dan memperlancar kegiatan pembelajaran. Banyak para guru berkarya dengan mempelajari aplikasi-aplikasi yang mempermudah pemberian materi kepada peserta didik dan diajarkan pula ilmu tersebut keguru yang lain. Walaupun belajar dan bekerja dirumah tetapi tidak menghalangi para guru Indonesia untuk terus dan terus berkarya dan untuk meraih prestasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga menang Bu..saya follow ya

09 Nov
Balas

Aamiin.. Makasih bun..

09 Nov

Keren, Bu. Sukses selalu...

09 Nov
Balas

Aamiin.. Makasih bun

09 Nov

Terus berkarya, jiwa merdeka dan merdekakan karya. Semangat dan selamat, Bu

09 Nov
Balas

Makasih pak supportnya.. Doa yang sama untuk bapak

09 Nov

Semoga sukses Bu.

09 Nov
Balas

Aamiin.. Makasih bun

09 Nov

Keren bunsay semoga lolos

09 Nov
Balas

Aamiin.. Makasih uni..

09 Nov

Keren bunda. Semoga lolos jadi pemenang.

09 Nov
Balas

Semoga masui di 123 penulis pilihan

09 Nov
Balas

Aamiin.. Terima kasih

09 Nov



search

New Post