Fitria Gustina

Mengajar di SMAN 69 Jakarta sejak 2002 mata pelajaran Ekonomi/Akuntansi, Berasal dari Solok Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBANGKITKAN SEMANGAT LITERASI DI SEKOLAH
Tantangan menulus gurusiana hari ke 100

MEMBANGKITKAN SEMANGAT LITERASI DI SEKOLAH

MEMBANGKITKAN SEMANGAT LITERASI DI SEKOLAH

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Banyak cara untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat dan digunakan oleh orang lain. Berkarya tidak hanya menghasilkan sesuatu yang bisa dijual atau bernilai ekonomis, tetapi juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bagi orang lain sampai kapanpun itu sudah merupakan suatu karya yang sangat luar biasa. Apalagi karya tersebut berupa buku yang membantu orang lain untuk bisa meraih masa depan yang cemerlang dan menjadi sukses.

Untuk menjadi seorang penulis tidaklah harus seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, seorang penyair, atau seorang puitis. Siapa saja bisa menjadi seorang penulis jika orang tersebut mau mencurahkan pengalaman dan kesehariannya dalam suatu tulisan. Dari berbagai pengalaman dan catatan hidup yang bisa dituangkan kedalam suatu buku akan menjadi suatu maha karya yang sangat bagus, apalagi ceritanya bisa memotivasi orang lain untuk menjadi lebih baik dan sukses. kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang panjang serta tergantung dari usaha yang dilakukan serta pengalaman yang dilalui.

Pertama sekali mengenal Mediaguru pada saat diundang oleh teman di MGMP ekonomi (Bapak Deni Boy) untuk bergabung di group Face Book Mediaguru. Karena baru dan belum mengenal Mediaguru seperti apa, penulis hanya sekedar ikut bergabung di dalam group dan membaca hasil karya para anggotanya, tanpa ada keinginan untuk ikut menulis. Sampai akhir pada bulan Agustus penulis membaca salah satu pengumuman kegiatan Pelatihan Menulis Satu Guru Satu Buku di Face Book yang diadakan oleh Mediaguru di LPMP DKI Jakarta. Tanpa disadari tergerak keinginan untuk mendaftar dan mencoba untuk belajar. menulis yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2019.

Selama mengikuti kegiatan timbul motivasi penulis untuk belajar menulis lebih giat lagi, apalagi melihat para motivator-motivator yang selalu bersemangat untuk berkarya lewat tulisan walaupun umurnya terbilang bukan muda lagi. Bahkan banyak juga kalangan anak muda dan anak Sekolah Dasar yang sudah berhasil membuat buku. Akhirnya dalam sebulan penulis bisa menyelesaikan tulisan memoar perjalanan penulis selama mengajar di SMAN 69 Jakarta. Dan sekarang sedang menyelesaikan tulisan untuk buku yang kedua disela-sela kesibukan dengan kegiatan sekolah. Penulis sekarang juga sedang sibuk menyelesaikan proposal dari kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ke-3 dan Penulisan Best Practice 2 Mediaguru.

Disela-sela kesibukan tersebut penulis masih bisa menyempatkan diri untuk menulis artikel sebagai tantangan menulis gurusiana. Insya Allah akan diikuti setiap hari satu artikel walaupun awal mencoba mengikuti tantangan menulis sangat berat sekali, karena sering merasa binggung mau menulis tentang apa. Dengan adanya tantangan tersebut yang sedikit memaksa akhirnya menulis artikel menjadi suatu keharusan satu hari harus ada satu hasil tulisan dan bisa dilalui dengan lancar sehingga sudah menghasilkan 99 artikel dan artikel yang akan diikutkan lomba menulis bulan Agustus ini menjadi artikel penulis yang ke 100. Semoga hasilnya juga memuaskan seperti artikel lomba menulis bulan Juli bisa masuk sebagai salah satu pemenang dari 123 orang penulis yang terbaik.

Dengan kegiatan menulis yang penulis jalani akhirnya baru bisa mengajak satu orang guru dalam pelatihan menulis Satu Guru Satu buku pada pelatihan bulan Juni 2020(Juriah, S.Pd) dan sampai sekarang sangat aktif menulis di mediaguru. Dan juga ada dua orang siswa yang telah mengikuti pelatihan menulis Satu Siswa Satu Buku di Mediaguru pada bulan Juli 2020 (Doni Aditya Adimas dan Iman Fahrozi) . Dan akan mendaftarkan lagi empat orang siswa yang akan mengikuti kegiatan pelatihan Satu Siswa Satu Buku yang akan diadakan pada Bulan Agustus 2020. Pelatihan Bulan Juli juga berhasil mengajak satu teman sekolah diwaktu SD sampai SMA untuk mengikuti kegiatan pelatihan Satu guru Satu Buku dan Alhamdulillah beliau sangat senang dan aktif menulis di Mediaguru (Sri Dewi, S.Pd). Dan berhasil mengajak salah satu guru SMA Negeri 69 Jakarta untuk mengikuti Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ke-3 yang diadakan oleh Mediaguru (M. Soleh, S.Pd).

Forum Wakil Kesiswaan SMA se DKI Jakarta pada bulan Desember melakukan Study Banding ke SMAN 1 Wonosari Yogyakarta dalam rangka penguatan Literasi Disekolah dengan belajar dari Perpustakaan SMAN 1 Wonosari yang berhasil meraih sebagai Perpustakaan terbaik di Indonesia. Dari kegiatan study banding dan Mediaguru penulis berkeinginan agar kegiatan literasi di SMA Negeri 69 Jakarta semakin berkembang dan banyak menghasilkan penulis-penulis yang bisa berkarya lewat tulisan-tulisan yang bisa dibaca oleh semua orang. Dan sampai kapanpun nama dan karyanya dalam sebuah buku tersebut akan selalu ada dan bisa menjadi motivasi bagi orang lain.

Membangkitkan semangat literasi disekolah adalah tanggung jawab bersama, karena dengan membaca baik di media cetak atau media online akan membuka wawasan seseorang tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu disekolah sudah diprogramkan untuk meluangkan waktu selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai untuk pembiasaan membaca. Semoga gerakan literasi disekolah semakin bangkit dan maju sehingga warga sekolah tidak ketinggalan informasi dan pengetahuan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Semoga literasi makin membumi ya bun. Sukses sll

09 Aug
Balas

Semoga bu.. Mmg iya sich dg membaca akan membuka wawasan kita..sukses juga bu

09 Aug

Keren banget salam Literasi

08 Aug
Balas

Makasih bu.. Salam kembali bu.. Sukses selalu bu

08 Aug

Mantap Bu. Semoga lolos yah

08 Aug
Balas

Amiin.. Makasih bu

08 Aug

Terimakasih telah berbagi pengalaman bund...., Semoga bisa mengikuti jejaknya, salam kenal, sukses sll

08 Aug
Balas

Terima kasih bu sdh mampir tuk baca..salam kenal kembali bu dan sukses selalu bu

08 Aug

Semoga lolos bu..aamiin

08 Aug
Balas

Amiin.. Semoga pak makasih

08 Aug

Sip,,,keren

08 Aug
Balas

Makasih bun

08 Aug

Semoga sukses Bu. Sukses selalu dan salam literasi

08 Aug
Balas

Amin.. Terima kasih pak.. Sukses dan salam literasi juga buat bapak

08 Aug

Semangat bucan, mudahan tulisannya lolos

08 Aug
Balas

Siap bun Insya Allah.. Aamin.. Makasih bun.. Salam literasi bun

08 Aug

Wuiii mantul dan kreatif sekali. Salam literasi Bun.

09 Aug
Balas

Makasih bu.. Salam literasi dan sukses bu

09 Aug

Semoga menjadi salah satu pemenang bunda, sukses selalu.

09 Aug
Balas

Aamiin.. Makasih bu dan doa yang sama buat ibu juga

09 Aug

semoga sukses ya bun..indah opininya

08 Aug
Balas

Aamiin.. Makasih bunda yenni

09 Aug

keren ceritanya buk Fitria

08 Aug
Balas

Terima kasih pak

08 Aug

smg sukses sll ya

08 Aug
Balas

Aamiin.. Doa yang sama tuk bapak juga

08 Aug

ttp smgt n salam literasi ya

08 Aug
Balas

Insya Allah pak.. Salam literasi juga pam

08 Aug

Aamiin, semoga mimpi indah busa terwujud

08 Aug
Balas

Insya Allah.. Semoga bu..

09 Aug

Aamiin. Tetap semangat, Ibu. Semoga semakin sukses.

09 Aug
Balas

Makasih bu.. Amiin..salam sukses juga buat ibu

09 Aug

Salam literasi, Ibu. Salam pejuang.

08 Aug
Balas

Salam kembali bu.. Makasih bu

08 Aug

Lengkap dan mantap Bu...moga lolos

08 Aug
Balas

Makasih bu.. Aamiin..

08 Aug

Keren tulisan nya.... Salam equilibrium bu.... .. Salam literasi salam sukses

08 Aug
Balas

Makasih bun.. Salam keseimbangan mantap bun.. Salam sukses juga buat bunda

08 Aug

Aamiin.. aamiin

09 Aug
Balas

Makasih bun

09 Aug

Keren bun.. moga menang.. salam sukses selalu

08 Aug
Balas

Makasih bu.. Aamiin.. Sukses juga buat ibu ya..

08 Aug

Keren bun..moga menang.. salam sukses selalu

09 Aug
Balas

Makasih bunda. Amiin.. Doa yg sama buat bunda solvia juga

09 Aug

Keren Bun, semoga menang lomba

08 Aug
Balas

Aamiim makasih bu..

08 Aug

Aamiin... Luar biasa bu... Semoga sukses bu... Salam literasi..

09 Aug
Balas

Makasih pak.. Doa yang sama buat bapak dan salam literasi pak

11 Aug

Makasih pak.. Doa yang sama buat bapak dan salam literasi pak

11 Aug

Semoga sukses bunsay

08 Aug
Balas

Aamiin.. Terima kasih bunda

08 Aug

Pengalaman berliterasi yang patut dicontoh. Semangat dan selamat ya Bunda.

09 Aug
Balas

Makasih bun.. Salam literasi bun

09 Aug

Salam Literasi bu Fit

08 Aug
Balas

Makasih sayang.. Salam literasi juga

08 Aug

Semangat Bu Fit, salam literasi,

08 Aug
Balas

Makasih sayang.. Salam literasi dan sukses selalu ya

08 Aug

Semangat terus ibu.

08 Aug
Balas

Insya Allah ganteng.. Semoga sekolah kita semakin maju literasinya

08 Aug

Sukses terus bunda.....salam literasi...

09 Aug
Balas

Aamiin.. Makasih bu.. Salam literasi dan sukses juga bu

09 Aug

Ya Allah terharu sekali...salam sukses saudaraku mg berhasil...Aamiin

09 Aug
Balas

Makasih saudaraku.. Amiin.. Doa yg sama buat bu dewi semoga bahagua dan sukses selalu..

09 Aug



search

New Post