FITRIANI TRI RAHAYU

Guru di SMPN 2 Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis dengan Hati

Menulis dengan Hati

#TantanganGurusiana hari ke-54

Menulis dengan Hati

Tulisan sependek apapun ia akan berpengaruh ke banyak orang yang membacanya. Apalagi jika tulisan itu dijadikan buku. Menulislah karena di tangan kita ada amanah besar berupa meluruskan yang bengkok dan menegakkan yang sudah mau roboh. Keyakinan yang dalam akan memunculkan pertahanan yang lebih lama. Jika kita hanya terfokus pada keuntungan materi saja, maka Allah akan memberi dan cukup disitu saja. Tetapi ketika kita punya impian besar untuk memperbaiki keadaan, banyak orang yang akan membantu kita.

Ada 3 trik dan tips untuk mendapatkan ide dalam menulis. Yang pertama, banyak membaca. Seorang penulis harusnya juga seorang pembaca yang hebat. Dengan membaca akan memperkaya kosakata dalam menulis. Membaca bisa juga memiliki makna lain yaitu memperhatikan kondisi di sekitar kita. Selain itu, dengan membaca kita sedang melakukan proses memancing ide untuk ditangkap.

Yang kedua, banyak mendengar. Mendengarkan berita, mendengarkan ceramah dari narasumber, mendengarkan obrolan teman-teman, atau mendengarkan gosip-gosip tetangga juga bisa. Yang penting gosip itu dijadikan ide menulis yang positif dan membawa manfaat.

Yang ketiga, pakai hati. Hati merupakan kemudi kita untuk menemukan ide dari sekumpulan bahan yang sudah didengar dan dibaca. Untuk menyaring mana yang baik dan mana yang jelek. Jadi, menulislah dengan hati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post