Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Satuan Pendidikan PSP

Refleksi Satuan Pendidikan PSP

#PSP_TahunKedua#IbuKS_poenya_cerita

Betapa pertemuan kali ini bersama Fasilitator Program Sekolah Penggerak (FSP) dan Pengawas Bina serta para guru mengupas banyak hal mengenai refleksi. Bukan hanya merefleksikan 3 bulan ke belakang, tetapi juga mengidentifikasikan praktik baik dan menyusun rencana tindak lanjut jangka pendek untuk peningkatan pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Selama 4jp/kurang lebih 3,5 jam kami bersemuka di dunia maya. FSP membersamai kami menyusun dan mendeskripsikan refleksi sesuai dengan aspek secara jujur dan berdasarkan bukti. Karena menurutnya refleksi terbaik adalah yang sesuai dengan fakta dan data.

Refleksi adalah bagian dari 'berkaca' terhadap semua keadaan. Pencapaian yang telah dilakukan, kekurangan yang didapatkan, serta apresiasi keberhasilan kecil ataupun besar. Paling utama adalah bagaimana bersama-sama mendiskusikan solusi dari sebuah tantangan.

Diawali dengan permainan mendeskripsikan barang-barang yang ada di sekitar sesuai dengan tugas, fungsi selaku pengawas, KS, dan guru. Banyak filosofi indah yang disuguhkan oleh para guru mengenai benda itu. Diantara dari mereka mendeskripsikan dirinya dengan pulpen, buku, jendela, buku catatan, laptop, jam tangan dan mouse.

Paling mengharukan manakala diantara kami menyampaikan peristiwa/pengalaman tentang kegiatan dan pencapaian yang telah kami lakukan. Mengungkapkan perasaan yang kami alami dari setiap peristiwa. Mengambil pelajaran atas apa yang terjadi. Begitupula menyusun penerapan ke depan (rencana) yang lebih baik.

Bagi seorang KS, kebahagiaan hakiki manakala memiliki tim solid demi capaian kolektif yang disuguhkan. Memiliki sumber daya yang kompeten di bidangnya masing-masing demi saling melengkapi dan memotivasi. Bukan seseorang yang telah kompeten tapi seseorang yang mau berupaya untuk berproses menerima perubahan.

Kami pun mengisi lembar kerja tentang harapan yang ingin diwujudkan pelaksanaan salah satu aspek kurikulum merdeka. Diantaranya harapan tentang karakter siswa, proses pembelajaran di kelas, kompetensi guru, kompetensi KS, dan modul ajar.

Pun demikian mengisi lembar kerja mengenai refleksi pembelajaran tentang;

a. Praktik baik yang telah dilaksanakan selama 3 bulan ke belakang

b. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan praktik baik

c. Mencari alasan untuk merasa bahwa praktik baik itu dianggap berhasil

d. Tantangan dalam pelaksanaan salah satu aspek Kurikulum Merdeka

e. Mendeskripsikan bagaimana mengatasi tantangan tersebut

f. Menggali hikmah/pelajaran atas praktik baik yang telah dilakukan

Luar biasa, 3,5 jam menjadi pemantik motivasi kami untuk lebih mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Terima kasih kami haturkan kepada pengawas bina kami yang begitu setia membersamai dari awal sampai akhir di tengah kesibukannya. Semoga kami mampu mengemban amanah ini dengan baik. Izinkan kami mengabdi untuk negeri dengan cara kami.

Cianjur, 16 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post