Fitria Nur Rosyidah

Kepala Sekolah SMP IT AL Hanif Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web

Webinar VS Flu Singapura

#hari_ke_18

#tantangan_30_hari_menulis_gurusiana

Webinar VS Flu Singapura

Siang ini sungguh perjalanan kisah yang luar biasa. Betapa tidak, harus mengikuti dua webinar sekaligus di tengah kerewelan si bungsu yang sedang sakit. Flu Singapura adalah penyakit yang diderita anak bungsuku saat ini. Gejala awal adalah panas tinggi kemudian sariawan yang hebat dan terakhir keluar bintik merah seperti halnya penyakit cacar. Namun yang membedakan dari penyakit cacar air, bahwa Flu Singapura memililki karakter hanya di telapak tangan, telapak kaki dan mulut secara berdekatan dan bahkan tidak terpencar layaknya cacar. Flu Singapura identik mengumpul dan berdekatan mengeluarkan cairan dari kulit seperti halnya kuman air, atau cacar. Melansir berbagai keterangan di Halodoc menjelaskan bahwa Flu Singapura dikenal juga sebagai Hand Foot Mouth Disease (HFMD). Penyakit ini disebabkan oleh adanya paparan virus enterovirus. Melansir Mayo Clinic, enterovirus dapat hidup dalam cairan tenggorokan, cairan hidung, cairan ludah, feses, dan cairan yang terdapat dalam ruam pada kulit. Flu Singapura menjadi salah satu penyakit yang sangat mudah menular.

Penularan flu Singapura dapat terjadi ketika pengidap melakukan kontak dengan orang yang sehat maupun sebaliknya. Selain itu, barang-barang yang terkontaminasi dengan cairan tubuh pengidap yang mengandung virus meningkatkan risiko penularan. Sehingga sangat baik untuk mengkarantina pengidap flu Singapura agar penularan tidak terjadi dengan mudah.

Kabar baiknya, Flu Singapura menjadi salah satu penyakit yang dapat diobati dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Flu Singapura kerap pulih 7-10 hari setelah pengidap terpapar virus flu Singapura.

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi Flu Singapura, seperti menggunakan obat penurun panas jika demam, penuhi kebutuhan istirahat, perbanyak mengonsumsi air putih, hindari mengonsumsi makanan pedas dan asam, serta konsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, sebaiknya rutin cuci tangan dengan baik dan jaga kebersihan lingkungan dengan melakukan pembersihan dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Tips Perawatan Penderita HFMD yang diberikan oleh Dr. Rasmita U. Ginting, Sp. A yang merupakan Tim Dokter Spesialis Anak Eka Hospital BSD Tangerang, yaitu:

1. Segera ke dokter untuk memastikan apakah anak atau penderita benar terkena HFMD

2. Isolasikan penderita

3. Jaga kebersihan

4. Anjurkan istirahat yang cukup

5. Berikan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi

6. Berikan nutrisi yang sehat dan gizi seimbang

7. Berikan obat-obatan simptomatik untuk mengurangi gejala demam dan nyeri mulut

8. Anjurkan penderita untuk tidak beraktivitas di luar (bersekolah atau ke kantor) selama 7-10 hari setelah ruam muncul

Terima kasih Flu Singapura. Karenamu aku mencari tahu tentangmu dan pencegahan serta penanganan menghadapi penyebaran virusmu. Semua adalah kehendak Alloh.Namun ikhtiar lahiriahpun harus kita tempuh untuk menghadapinya. Cepat sembuh gadis kecilku!

Webinar tetap berjalan dengan baik karena anakku tidur dengan nyenyak dalam pangkuanku setelah meminum obat . Fenomena seorang Emak dengan segala keriuhannya di masa pandemi. Webinar ,mengurus rumah tangga, mengurus anak menjadi santapan sehari-hari saat ini. Semoga niat baik ini bernilai pahala dihadapanNya. Mencoba tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga anaknya di beri kesehatan kembali. Semangat bu,

05 Jun
Balas

Ibu hebat.... sukses selalu Bu...semoga si kecil segera diberikan kesembuhan. amien

05 Jun
Balas

Wah keren karyanya buk,ditunggu karya berikutnya ,jngn lupa follow akun saya ya

04 Jun
Balas



search

New Post