FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (1)'

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (1)'

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (1)

PENGANTAR

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku dan budaya. Satu di antara keberagaman yang ada di Indonesia adalah adanya rumah adat. Rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, serta kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.

Keragaman rumah adat di Indonesia bukan hanya pada masing-masing provinsi, namun hingga wilayah terkecil dari masing-masing provinsi tersebut juga terdapat rumah adat yang berbeda.

Salah satu rumah adat di Indonesia adalah rumah gadang. Rumah gadang adalah nama rumah adat suku Minangkabau. Rumah gadang ini juga disebut dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Rumah gadang suku Minang dijumpai di Sumatra Barat, Namun tidak semua kawasan di Minangkabau (darek) yang boleh didirikan rumah adat ini. Hanya pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai nagari saja Rumah Gadang ini boleh didirikan.

Balimbing sebagai salah satu wilayah nagari di Sumatera Barat tentunya juga memiliki rumah adat. Bukan hanya satu rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing ini, tetapi lebih dari 30 rumah adat. Rumah adat tersebut masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Bahkan ada yang telah berusia kurang lebih dari 350 tahun.

Sebagaimana kita ketahui bahwa rumah adat adalah bangunan yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi dan tanpa mengalami perubahan. Rumah adat bisa dikatakan sebagai bangunan yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya di balik corak bangunannya.

Demikian juga Nagari Balimbing memiliki peninggalan rumah adat warisan nenek moyang yang tak mengalami perubahan. Rumah adat tersebut selalu digunakan untuk hal-hal yang terkait dengan adat. Dengan arti kata di Nagari Balimbing, terkhusus di Jorong Balimbing dan Jorong Kinawai setiap kegiatan yang berhubungan dengan adat wajib dilaksanakan di rumah adat (rumah gadang). Hal itulah yang menyebabkan rumah adat tersebut terpelihara dengan baik hingga saat ini di Negari Balimbing.

Seperti telah disebutkan di atas bahwa lebih 30 rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing. Rumah adat tersebut milik dari kaum suku yang berbeda dari masyarakat Nagari Balimbing. Setiap rumah memiliki ciri khas tertentu, dan ciri khas tersebut terkadang lekat dengan sendirinya kepada julukan rumah tersebut semenjak dahulu hingga sekarang.

Nah apa saja rumah adat yang terdapat di Nagari Balimbing? Insha Allah akan dibahas pada tulisan berikutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu, informatif

01 Sep
Balas

Mantab bunda

02 Sep
Balas

Takana jo kampuang, Bu. Mantap.

01 Sep
Balas

Ditunggu kelanjutannya buk

01 Sep
Balas

Sukses lanjut Bu... salam literasi

01 Sep
Balas

Siap menyimak Buk Fit, salam literasi selalu

01 Sep
Balas

Sukses bin, di tunggu lanjutannya

02 Sep
Balas

Mantap bun. Sukses selalu. Barakallah

02 Sep
Balas

Keren mantap...jadi pengen main kesana bunda Fitriany.

02 Sep
Balas

Ulasan rumah gadang nan keren bu. Sukses selalu bu

03 Sep
Balas

Tulisan indah dan menawan. Sukses selalu buat Bunda.

01 Sep
Balas

Saya suka banget arsitektur rumah Gadangnya bunda Fitri

02 Sep
Balas

sukses bun, sangat informatif

01 Sep
Balas

sukses bun, sangat informatif

01 Sep
Balas

sukses bun, sangat informatif

01 Sep
Balas

sukses bun, sangat informatif

01 Sep
Balas

Lebih dari 30 rumah adat? Jadi pengin tahu, Bu Fitri. Sekalian dengan tempenya yah. Trims. Salam sehat.

01 Sep
Balas

Unik unik model rumah disana, pengen rasa berkunjung... Sukses bunda

05 Sep
Balas

Keren bunda, memberikan informasi bagi saya yg baru sekali ke tanah Minang, sempat ke istana Pagaruyung, salam sehat selalu

02 Sep
Balas

Ditunggu kelanjutannya, Bun...salam literasi

01 Sep
Balas

Artikel yang sangat bagus dan informatif bu Fitriany semoga sukses selalu

01 Sep
Balas

Ulasan nan sabana rancak bunda, sukses tarui untuak bunda

02 Sep
Balas

Ok di tunggu ya Bun. sukses dan sehat selalu buat bunda Fitriany

01 Sep
Balas



search

New Post