FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (6) RUMAH Dt.RAJO MANGKUTO'

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (6) RUMAH Dt.RAJO MANGKUTO'

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (6): RUMAH Dt.RAJO MANGKUTO"

Balimbing sebuah Nagari yang kaya dengan Keberadaan rumah adat. Di Nagari Balimbing, setiap suku memiliki rumah adat, dan setiap rumah adat ada datuk yang mengepalainya. Bahkan bukan hanya satu rumah untuk satu suku, bahkan bisa dua, tiga, atau empat.

Rumah Adat Simabua Guguk ada dua. Kedua rumah adat tersebut dikepalai oleh Datuk yang sama, yaitu Dt.Rajo Mangkuto. Kedua rumah ini adalah milik kaum suku Simabua. Letak kedua rumah adat tersebut berdampingan.

Rumah Simabua Guguak yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto yang beukuran lebih kecil dengan jumlah ruang 3. Sementara Rumah Adat Dt.Mangkuto yang ada disebelahnya berukuran lebih besar dan berjumlah 5 ruang (rumah adat ini bisa dilihat pada postingan terdahulu).

Seperti telah dijelaskan pada tulisan terdahulu bahwa Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto disebut juga Rumah Guguak, karena letaknya di Guguak. Demikian juga dengan rumah Guguak yang dibahas pada tulisan ini.

Meski kedua Rumah Adat Guguak ini dikepalai oleh Dt.Rajo Mangkuto, namun ada perbedaan dari datuk dan angku yang ada di kedua rumah tersebut. Rumah Guguak 5 ruang selain dikepalai oleh Dt.Guguak juga ada Datuk Sati sebagai datuk, Angku Peto Sati sebagai angku, dan Dt.Mantiko Dubalang sebagai dibalang. Sementara pada Rumah Guguak 3 ruang selain Dt.Guguak selaku yang mengepalai, ditambah adanya Angku Malin Pono sebagai Angku.

Sama halnya dengan Rumah Guguak yang telah dibahas terdahulu, yaitu maka rumah adat ini juga direvitalisasi melalui bantuan pemerintah pada tahun 2016. Perbedaannya Rumah Dt.Guguak yang telah dibahas pada tulisan terdahulu tidak mengalami perubahan yaitu ruangan berjumlah 5 sesuai jumlah rumah adat yang asli. Sementaea Rumah Guguak yang kita bahas pada tulisan ini terdapat perubahan setelah rehab dari segi jumlah ruang. Jumlah ruang yang aslinya adalah 5 ruang, berkurang menjadi 3 ruang.

Bagaimana bentuk rumah adat tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi Rumah Adat Simabua Guguak Balimbing atau link YouTubenya di bawah ini.

https://youtube.com/shorts/4uweIC1AmS4?feature=share

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan kerem, mantap bu

20 Oct
Balas

Alhamdulillah jd tahu lgi ttg adatnya bunda cantik. Salam literasi dan sehat selalu.

08 Sep
Balas

ulasannya semakin keren bu Fitriany semoga sukses selalu dan diberi kesehatan dan kesempatan dan bisa berSKSS di blog ini

15 Sep
Balas

Ulasan nan rancak Bana, sukses selalu buat ibuk

08 Sep
Balas

Sangat informatif Indonesia kaya akan budaya. sehat selalu bunda Fitriany.

08 Sep
Balas



search

New Post