FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY

BIODATA Nama: Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE,MP, M.Pd.E Tempat/Tgl Lahir : Bogor/18 Agustus 1968 NIP &n...

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (7) RUMAH BENDANG Dt.BAGINDO BASA

LITERASI 'MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (7) RUMAH BENDANG Dt.BAGINDO BASA

LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (7): RUMAH BENDANG Dt.BAGINDO BASA

Rumah Bendang Dt.Bagindo Basa ini milik kaum Suku Bendang, terletak di Jorong Kinawai Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Indonesia.

Sesuai dengan namanya Rumah Adat Dt.Bagindo Basa, maka rumah ini dikepalai oleh Datuk Bagindo Basa. Selain Dt.Bagindo Basa, di rumah adat ini juga memiliki datuk lainnya yaitu Dt.Mejan Sati dan juga angku, yaitu Angku Fakih Marajo.

Sama halnya dengan Rumah Guguak 5 ruang dan Rumah Guguak 3 ruang yang telah dibahas terdahulu, yaitu maka Rumah Adat Bendang Dt.Bagindo Basa ini juga direvitalisasi melalui bantuan pemerintah pada tahun 2016.

Bentuk atau model Rumah Adat Bendang Dt.Bagindo Basa ini sama dengan model seperti rumah adat yang aslinya yaitu beratap ijuk, bergonjong 4, pintu masuk satu buah di bagian tengah depan rumah, janjang (tangga) berjumlah satu berada tepat di pintu masuk, janjang terbuat dari kayu. Artinya hal yang lain dari rumah adat ini tidak mengalami perubahan dari yang aslinya, hanya dari segi jumlah ruang saja. Rumah asli berjumlah 5 ruang, namun setelah direhab berkurang menjadi 3 ruang.

Bagaimana bentuk Rumah Bendang Dt.Bagindo Basa tersebut di atas silahkan lihat pada Video singkat 15 detik saja pada YouTube Channel Fitriany Gustariny dengan judul Literasi Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Suku Bendang Kinawai Nagari Balimbing atau link YouTubenya di bawah ini.

https://youtube.com/shorts/aynlCEDywDA?feature=share

Rumah adat yang lain menyusul besok. Satu postingan untuk satu rumah adat. Video singkat, 15 detik saja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Warisan budaya nan elok, sukses selalu bu

25 Sep
Balas

Luar biasa bucan, terima kasih ilmunya.... salam sukses

08 Sep
Balas

Wauw...luar biasa bunda. Sangat bermanfaat pengetahuan tentang rmh adat nya...

09 Sep
Balas

Ulasan yang keren dan informatif. Sehat dan sukses terus bunda.

09 Sep
Balas

Sabana padek Bu.

08 Sep
Balas

Luar biasa bunda cantik, terima kasih ilmunya ttg rumah adat Bagindo Basa.... salam sukses

08 Sep
Balas

Khazanah budaya yang keren bunda Fitri. Trims bunda..

08 Sep
Balas

Luar biasa ulasannya. menambah wawasan budaya nusantara. Salam literasi.

18 Oct
Balas

Keren dan ini bangunan aset wilayah.. Perlu dijaga dan dilestarikan..

31 Oct
Balas

Alhamdulilah membaca artikel tambah ilmu ternyata budaya Bangsa Indonesia sangat banyak ragamnya yang harus kita lestarikan. Terima kasih Bu Fitri sukses selalu

08 Sep
Balas



search

New Post