Fitri Hariana

Penulis adalah Alumni Pelatihan SAGUSABU 2 Medan. Penulis, Fitri Hariana, Lahir di Medan, 13 Agustus 1980. Ibu dari 3 orang anak. Alumni SMA Negeri 10 (sekara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karbohidrat

Karbohidrat

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe-181

 

Karbohidrat 

Oleh : Fitdi Hariana

 

Siapa yang tidak kenal dengan karbohidrat? Hampir setiap orang pernah mengkonsumsi karbohirat. 

Namun, tahukan kita apa itu karbohidrat?

Apa saja pembagian dan klasifikasi karbohidrat? 

Mungkinkan kita sudah mengkonsumsi karbobidrat meski kita belun makan nasi?

 

Baiklah..

Mari kita bahas bersama.

Karbohidrat merupakam molekul senyawa organik yang tersusun atas unsur Hidrogen, Karbon dan Oksigen. 

Karbohidrat merupakan zat nutrisi yang kita perlukan dalam sumber bahan makanan kita. 

Dalam sistem pencernaan, karbohidrat berperan sebagai aumber energi yang utama. 

Apa saja pembagian karbohidrat? 

Karbohidrat dibagi menkadi 3 bagian yaitu : 

1. Monosakarida :

     Monosakarida adalah jenis karbohidrat sederhana dengan satu molekul     gula.

    Contoh Monosakarida antara lain : Glukosa, Galakstosa, Fruktosa. 

Glukosa bisa dihasilkan dari gula anggir. Glukosa merupakan jenis gula yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetea.

Galaktosa merupakan gula yang terdapat pada madu.

Fruktosa merupakan gula yang terkandung aecara alami dalam buah-buahan.

 

2. Disakarida :

   DIsakarida adalah : jenis karbohidrat yang tersusun dari dua molekul glukosa. 

Contoh Disakarida adalah : Maltosa, Lactosa, Sukrosa

 Maltosa merupakan gula malt yang dihasilkan dari biji-bijian.

Laktosa merupakan gula yang secara alami terkandung dalam susu.

Sukrosa adalah gula yang terkadung alam tebu. Sukrosa dikenal juga sebagai gula pasir atau gula tebu. 

Jadi kalau kita di pagi hari belum sempat sarapan naai, atau roti atau singkong goreng, tetapi hanya sempat meminum segelas teh manis, maka sudsh dipastikan kita sudah megkonsumsi karbohidrat j dari golongam Disakarida yaitu jenis Sukrosa.

 

3. Polisakarida adalah : kenis karbohidrat senyawa komplek yang rantainya tersuaun dari banyak senyawa monosakarida dan disakarida. 

Contoh polisakarida : zat pati atau amilum (zat tepung) dalam masi, jagung, singkong, roti. Keladi dan banyak lagi yang lainnya.

Lubuk Pakam, 13 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

artikel yang keren..saya bu..butuh karbohidrat banyak karena olahraga tenis, ha..ha., dulu saat kuliah..makan menunya nasi, lauk krupuk, sayur mie kuah..terus camilannya adalah ketela rebus..lhah kok karbohidrat semua..ha..ha..

14 Jul
Balas

Hehheehe....ciri khas orang indonesia Pak...menunya kebanyakan karbohidrat..protein dan lemaknya sedikit hihihi..

14 Jul



search

New Post