Fitri Nurjanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Artificial Intelligence
Workshop Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence

Learning Journal

Workshop Artificial Intelligence (AI)

Workshop Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Jumat sampai Minggu (24-26 Februari 2023) via zoom meeting. Peserta workshop adalah kepala sekolah ibu Siti Marfuah, S.Pd.T., M.Pd. dan semua guru di SMKN 5 Pangkalpinang. Nara sumbernya adalah bapak Dr. Djadja Achmad Sardjana, S.T., M.M.

Pertemuan pertama saya mendapatkan informasi tentang teori dan aplikasi Kecerdasan Buatan untuk Inovasi Guru di Sekolah, penerapan Intelligence Artificial (AI) dalam dunia Pendidikan, manfaat dan dampak negatif dari penggunaan AI.

Pertemuan kedua saya mendapat ilmu bagaimana menggunakan Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer) yaitu robot atau chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan ini mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan serta pertanyaan penggunanya. Interaksi percakapan yang terjadi sangat natural yang bisa diakses pada link ini

https://chat.openai.com

Saya coba menggunakan Chat GPT dan merasakan sangat bermanfaat sekali penggunaan chat ini.

Pertemuan ketiga saya belajar tentang alat AI dalam dunia pendidikan. Penerapannya di sekolah dapat mempermudah tugas guru mengakses apapun secara mudah, cepat dan praktis. Namun Ai ada kekurangannya yaitu membatasi interaksi manusia, pengembangan kecakapan sosial dan kemampuan membngun hubungan, membuat proses belajar sangat bergantung pada sistem sehingga bisa menjadi target siber dan memicu munculnya menjiplak/plagiat. Guru tetaplah pendidik yang tak bisa digantikan oleh robot atau AI apapun. Jadi intinya kita harus bijak menggunakan A sehingga bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari workshop ini mengenai pemanfaatan Artificial Intelligence terutama dalam dunia pendidikan yang bisa saya terapkan dalam proses belajar mengajar.

Kendala yang saya hadapi saat workshop berlangsung adalah sinyal buruk saat zoom sehingga saya harus keluar masuk zoom dan tidak dapat mendengar pertanyaan narasumber saat ditanya. Mohon dimaafkan dan dimaklumi atas ketidaknyamanan ini. Alhamdulillah, dengan motivasi dan penuh semangat saya dapat menyelesaikan semua tugas tepat waktu. Pepatah mengatakan "Don’t Wait Until Tomorrow What You Can Do Today" artinya "jangan tunggu sampai besok apa yang dapat kamu lakukan hari ini".

Terima kasih sebesar-besarnya kepada narasumber yang telah membagikan ilmu yang sangat bermanfaat ini. Barakallah!

Keep learning, keep growing! Teruslah belajar teruslah berkembang. Teruslah belajar pada hal-hal yang baru di sekitar kita. Kita perlu mengambil inisiatif dalam setiap peluang yang dapat meningkatkan kapasitas diri kita. Belajar dari pengalaman menurut saya adalah salah satu metode yang terbaik dalam meningkatkan kapasitas diri. Melalui belajar dari pengalaman kita menambah ilmu baru sekaligus mengaplikasikan ilmu tersebut dalam konteks yang nyata dalam kehidupan.

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post