Fitrisia Dairoza

Mama adalah orang tua terbaik dan guru favoritku. Semoga aku bisa seperti mama. Terbaik buat anak -anak dan peserta didikku. Panggilanku Roza. Lahi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Lidah, Jari, dan Paku

Lidah, Jari, dan Paku

Peliharalah lidahmu, karena lidah lebih tajam dari pedang. Dulu pernyataan ini sering diucapkan orang tua pada anak-anaknya untuk mengingatkan agar selalu menjaga lisan. Mereka mendidik dan mengajarkan kita untuk dapat bertutur kata dengan halus, lembut dan sopan. Jangan sampai lisan kita membuat orang lain tersinggung apalagi sakit hati.

Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui bersama "lidah tak bertulang". Dengan seenaknya ia dapat menari-nari dalam mulut sambil meluncurkan kata-kata. Apabila yang punya lidah lagi bestmod, atau sedang kasmaran, kata-kata indah akan meluncur dengan derasnya. Sebaliknya, apabila sedang bedmod, kata-kata yang keluar tidak bisa dikontrol. Sindiran, caci maki, bahkan semua isi kebun binatang akan meluncur di antara dua bibir.

Pada masa kini ada satu lagi yang harus kita jaga. Apa itu? Jawabannya adalah jari. Saat ini komunikasi secara lisan mungkin berimbang dengan komunikasi secara tertulis. Rangkaian aksara tercipta dari hasil kelincahan jemari menari di atas keyped gadget yang dimiliki. Namun kualitas kata-kata yang muncul tetap sesuai mod yang membuat. Kalau mod baik, syaraf dari otak akan mengirim sinyal untuk menghasilkan kata-kata yang baik dan santun. Jika mod lagi kurang baik ? Anda pasti tau jawabannya.

Jadi...jagalah lidah dan jari jangan sampai ia menjadi seperti paku. Tahukan paku? Bila sudah kita tancapkan di dinding kemudian kira cabut. Bagaimana pun kita menutup bekasnya dengan tambalan, permukaannya tidak akan sama rata dan mulus seperti sebelum paku kita tancapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post