Fransisca Dafrosa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KEUNIKAN BASA SUNDA

KEUNIKAN BASA SUNDA

Banyak orang tidak percaya kalau tanya asal dari mana dan saya menjawab dari 'Bandung'. Ekspresinya beragam, ada yang mengernyitkan dahi, ada yang mengamati dari atas sampai bawah lalu ke atas lagi, ada yang melotot, ada yang malah tertawa, dll. Mungkin karena saya hanya mengucapkan satu kata 'Bandung' kalau mereka sudah dengar saya bicara lebih dari satu kata maka akan terlihat sekali logat sundanya dan mereka akan tambah tidak percaya lagi. Kenapa? Secara cassing saya bukan cassing orang Bandung. Warna kulit saya hitam tapi manis, rambut saya keriting tapi seksi btw ini bukan rasis ya hanya bercerita berdasar pengalaman.

Ya.. saya terlahir blasteran Jawa + Flores tapi, tempat lahir saya, Bandung sudah melekat erat sekali pakai banget mengalir dalam jiwa. Malu dengan respon orang-orang? Tidak.. saya mah malah bangga pisan jadi orang Bandung alias orang Sunda teh. Kenapa? Karena eh karena...

1. Penutur basa Sunda termasuk yang terbanyak kedua di Indonesia. Penuturnya ada di Jawa Barat dan Banten, serta wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Cisarayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta.

2. Basa Sunda termasuk unik karena punya 6 huruf vokal, yaitu a, i, u, e, é, o, dan eu.

Huruf e >> ‘berenang’ atau ‘terbang’.

Huruf é >> ‘sate’ atau ‘tokek'.

Huruf eu >> beureum

3. Punya banyak pisan kosakata Mencuci pakaian disebut nyeuseuh

Mencuci piring/gelas disebut gégéroh/ngumbah wadah

Mencuci muka disebut sibeungeut

Mencuci tangan/kaki disebut sibanyo

Mencuci beras disebut ngisikan

Ada yang bisa nambah lagi?

:)

**

Sebagai penutup kita nostalgia lagu permainan anak-anak dulu yu:

Cing ciripit Tulang bajing kacapit Kacapit ku bulu pare Bulu pare seuseukeutna Jol pa dalang mawa wayang Jrek-jrek nong, jrek-jrek nong

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasannya kereen dan informatif Bunda Sisca, sukses selalu

21 Feb
Balas

Trmksh, Bu Sri sudh mampir.. salam sehat

22 Feb

Kereen...senang sih jadi blasteran. Bisa punya banyak bahasa daerah Salam sukses selalu bu cantik

21 Feb
Balas

Hehe iya jd gado2 bahasanya.. salam sukses juga Bu Mus..

22 Feb

meni hebring lah... komoh deui tulisana na...

21 Feb
Balas

Hatur nuhun pisan, Pak Sis.. salam sehat..

22 Feb



search

New Post