Fris Wahyuddin

Pekerjaan sekarang sebagai Kepala Sekolah di SMPN 14 Kota Bima - NTB...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERAN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DI SATUAN PENDIDIKAN ABAD 21

PERAN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DI SATUAN PENDIDIKAN ABAD 21

Peran kepala sekolah juga akan sangat dibutuhkan pada saat terjadi berbagai permasalahan-permasalahan yang muncul baik permasalahan internal dan eksternal. Kecekatan dan kecakapan kepala sekolah menjadi penentu dalam memajukan dan meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil yang di inginkan. Oleh karena itu kepala sekolah harus mengetahui fungsi dan kedudukannya di sekolah yang di pimpinnya.

Untuk membentuk dan membina guru-guru di sekolah agar menjadi guru yang kompeten, maka kepala sekolah juga harus dapat memberikan contoh yang baik tentang bagaimana sebenarnya menjadi pendidik (guru) yang kompeten. Kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana dan pengembang utama kurikulum di sekolah harus dapat bekerjasama dalam mengimplementasikan kurikulum dengan baik.

Kepala sekolah yang menunjukkan komitmen tinggi dan fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya tentu saja akan sangat memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki gurunya, sekaligus juga akan senantiasa berusaha memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat secara terus menerus meningkatkan kompetensinya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien.

Untuk mengetahui sejauh mana kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, secara berkala kepala sekolah perlu melaksanakan kegiatan Supervisi, yang merupakan salahsatu fungsi dan tugas pokok Kepala Sekolah sebagaimana telah dituangkan dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010.

Kota Bima, 24 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post