Galuh Ratning

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Integrated Development Environment (IDE)
https://pngtree.com/so/Computer

Integrated Development Environment (IDE)

Pemrograman secara modern tidak terlepas dari alat bantu pemrograman. Dalam pemrograman dikenal istilah Integrated Development Environment (IDE). Jika diartikan, IDE secara literal bermakna lingkungan pengembangan terpadu. IDE pada dasarnya adalah suatu alat bantu yang menyediakan fasilitas lengkap untuk mendukung aktivitas pemrograman.

Fasilitas sebuah IDE umumnya terdiri atas:

a. Source code editor, yakni tempat penulisan kode program.

b. Build automation, menyediakan proses otomatis mulai dari kompilasi hingga eksekusi program.

c. Debugger, menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengamati jalannya program secara detail, baik untuk pengujian maupun untuk mencari penyebab kesalahan pada program.

Ada banyak pilihan IDE untuk bahasa pemrograman. Mulai dari yang berbayar hingga yang open source dan gratis, yang offline maupun yang online.

Pada prinsipnya, untuk belajar materi dasar bisa menggunakan IDE apa saja. Sedangkan untuk menulis kode yang lebih kompleks, perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika akan menulis kode program yang akan diisikan ke dalam mikrokontroler berbasis ARM maka sebaiknya menggunakan IDE yang memang sesuai untuk kebutuhan itu, yang tentunya berbeda dengan saat ingin menulis kode untuk Arduino yang berbasis mikrokontroler AVR.

Demikian penjelasan singkat tentang Integrated Development Environment (IDE).

#Day17

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post