Galuh Ratning

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
OPERATOR DAN EKSPRESI DALAM BAHASA PEMROGRAMAN C
https://pngtree.com/so/Vector

OPERATOR DAN EKSPRESI DALAM BAHASA PEMROGRAMAN C

Operator adalah simbol yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu terhadap satu atau lebih nilai, atau yang dikenal dengan istilah operand. Operand dapat berasal dari variabel, konstanta, ataupun sebuah ekspresi. Operator “=” misalnya, telah ditunjukkan pada materi sebelumnya sebagai operator yang digunakan untuk mengisi nilai variabel, atau dikenal dengan istilah operator assignment.

Terkait dengan penggunaan operator, pada pemrograman dikenal istilah ekspresi. Ekspresi dalam bahasa pemrograman adalah formula dimana dua buah operand dihubungkan oleh operator tertentu untuk menghasilkan sebuah nilai baru. Operand dapat berupa kombinasi dari variabel, nilai, konstanta, dan juga ekspresi lainnya.

Contoh pertama memperlihatkan ekspresi dengan operand berupa dua nilai, contoh kedua adalah ekspresi yang melibatkan operand berupa variabel, contoh ketiga adalah ekspresi yang melibatkan ekspresi lainnya sebagai operand.

Bahasa C mengenal banyak jenis operator. Berdasarkan kelompoknya, selain operator assignment ada juga operator aritmatika, operator relasional, operator logika, dan operator bitwise. Jenis ekspresi bergantung pada operator yang digunakan. Jika ekspresi menggunakan operator aritmatika, maka ia disebut ekspresi aritmatika. Jika ekspresi menggunakan operator logika, maka ia tergolong ekspresi logika. Begitu juga jika menggunakan jenis operator lainnya.

Berdasarkan jumlah operand yang terlibat, dikenal operator unary, binary, dan ternary. Unary bila hanya menggunakan satu operand. Binary bila menggunakan dua operand. Ternary bila menggunakan tiga operand.

Demikianlah uraian singkat tentang operator dan ekspresi dalam bahasa pemrograman C.

#DAY21

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post