Galuh Ratning

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TIPE DATA DASAR DALAM BAHASA PEMROGRAMAN C

Tipe data adalah kelompok data berdasarkan jenis tertentu yang digunakan oleh programmer untuk mengisi variable maupun konstanta . Tipe data menentukan jenis data apa yang boleh disimpan di dalam sebuah variabel dan konstanta. Masing-masing tipe data memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, sehingga pemilihan tipe data yang tepat akan berpengaruh terhadap keefisienan sebuah program.

Bahasa pemrograman C menyediakan tiga tipe data dasar yang dapat digunakan dalam menulis kode program.

Integer

Tipe data integer merupakan kumpulan bilangan bulat. Integer adalah semua bilangan bulat termasuk nol (0), bilangan positif maupun negatif yang tidak memiliki angka desimal (angka di belakang koma). Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data integer beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Tipe data ini dibagi lagi menjadi beberapa tipe yaitu :

Floating Point

Tipe data ini merupakan kumpulan bilangan real (pecahan desimal). Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data floating point beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Char

Sebuah variabel bertipe data char hanya dapat menampung satu karakter saja, tidak akan dapat menyimpan lebih dari satu karakter. Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data char beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Contoh penggunaannya di dalam program bahasa C adalah sebagai berikut:

Demikian tiga tipe dasar dalam bahasa pemrograman C beserta contohnya di dalam kode program.

#Day19

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post