Ganjar Indrawan

Guru IPS di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. S1 Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA 2011...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mendidik Anak Versi Luqman Al-Hakim

Luqman dalam pendidikan anak-anaknya mengutamakan pendidikan aqidah. Keutamaan Luqman adalah beliau menggabungkan hikmah dan syukur menjadi karakter pendidik yang unggul.

Karakter dimana ketika seorang pandai berhikmah atau mengambil hikmah dari setiap kejadian yang dialami maka dia akan menjadi pribadi yang tenang karena tinggi ilmu yang dimiliki sehingga mudah saja memikirkan jalan keluar.

Syukur merupakan suatu bentuk perilaku meningkatkan kapasitas dalam segi ibadah atas nikmat yang diberi oleh Allah terhadapnya.

Jika kita memperhatikan QS. Luqman: 13, ada hal penting dalam soal mendidik anak. Setidaknya ada 3 cara atau metode dalam mendidik anak-anak agar mereka bisa cerdas, pintar dan shaleh.

Pertama, orang tua apabila berbicara dengan anaknya menggunakan kata wahai, kekasihku, sayangku, anakku, dan sebagainya.

Kedua, menyuruh atau melarang perbuatan anak dengan mengutarakan alasan secara logis.

Ketiga, berbicara kepada anak dengan kata yang lemah lembut dan cinta kasih.

Inilah yang dilakukan Luqman Al-Hakim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Begitulah Al Qur'an mengisahkan ...

16 Oct
Balas

Benar sekali pak. Barakallah

16 Oct
Balas



search

New Post