Ganjar Indrawan

Guru IPS di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. S1 Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA 2011...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyongsong Era Koperasi Digital, Sudah Siapkah?

Menyongsong Era Koperasi Digital, Sudah Siapkah?

Pandangan masyarakat umum terhadap koperasi saat ini sebagian besar masih saja awam. Mereka mengaggap koperasi merupakan sebuah organisasi yang 'jadul' dan tidak modern, sehingga perkembangan koperasi bisa dibilang cukup lambat.

Kekuatan koperasi yang selama ini jarang diungkap adalah "Koperasi merupakan bentuk kelembagaan formal yang memiliki jaringan sangat luas, dan bersifat Internasional".

Nah, kembali pada pandangan masyarakat awam atas koperasi yang dianggap 'jadul', untuk mengubahnya maka pemerintah mendirikan koperasi modern. Koperasi modern adalah bentuk koperasi yang sudah menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (IT) untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Sedangkan Kementrian Koperasi dan UKM mengklasifikasikan koperasi modern sebagai koperasi yang telah menerapkan sistem operasional secara online, menggunakan sistem database yang terkait dengan anggota, transparan dan informatif dalam menjalankan operasional perkoperasiannya.

Beberapa kriteria dibawah ini juga selayaknya dimiliki suatu badan koperasi, agar mampu bersaing menyambut era digital yang semakin maju :

Kompeten : sudah menggunakan IT untuk mendukung bisinisnya sehingga dapat memonitor, mengevaluasi dan melakukan pendataan secara akurat dan up to date

Kompetitif : pelaku bisnis koperasi dapat melaksanakan bisnisnya secara cepat, akurat dan reliable

Komersial : pelaku bisnis koperasi dapat melakukan e-commerce, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget tulisannya. Sudah saya follow pak, follback yah

15 Feb
Balas

Inspiratif banget Pak. Semoga harapan menjadi kenyataan. Salam kenal juga salam literasi. Sudah saya folow ya Pak.

15 Feb
Balas

Semoga harapannya bisa terwujud.. Aamiin

14 Feb
Balas

keren..... semangat terus, salam sukses

15 Feb
Balas

Bagus ulasannya Pak

15 Feb
Balas



search

New Post