Ghonimatul Ulumiyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
RENCANA TINDAK LANJUT MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENDIDIKAN PROFESI GURU (

RENCANA TINDAK LANJUT MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENDIDIKAN PROFESI GURU (

Lokasi : MTs YAPIK Karanganyar

Alamat : Kutosari Karanganyar Pekalongan

Tanggal : 2 Desember 2022

Penulis : Ghonimatul Ulumiyah, S.Pd.

A. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah yang dihadapi penulis sebelum melaksanakan PPG ini adalah penulis kurang mahir dalam penguasaan TIK dan penggunaan alat-alat penunjang seperti LCD atau infokus sehingga penulis tidak dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,keterbatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Selain itu cara mengajar penulis yang cenderung masih teacher centered dan kurang berinovasi sehingga kurang memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Dengan kurangnya motivasi peserta didik maka dapat memengaruhi proses berjalalannya kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sedangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru adalah dengan memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Berdasarkan PERMEN tersebut guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang inovatif dan memanfaatkan teknologi. Dengan mengikuti PPG ini penulis bisa mendapatkan ilmu tentang pembelajaran inovatif sesuai abad 21 dengan menerapkan TPACK didalamnya. Sehingga penulis dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah masing-masing.

Praktik ini perlu dibagikan agar menjadi motivasi bagi diri saya pribadi dan sebagai referensi bagi Bapak/Ibu guru yang lain dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang guru kita harus mampu mengidentifikasi setiap permasalahan yang terjadi di dalam kelas, baik dalam memahami karakteristik peserta didik, penggunaan model, metode, dan media yang tepat yang dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif sehingga mereka mudah memahami materi yang disampaikan dalam pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

B. Permasalahan yang Dihadapi

Tantangan yang dihadapi penulis dalam PPG Daljab ini adalah :

1. Guru kurang menguasai IT dan belum memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.

2. Guru mempunyai masalah jaringan atau koneksi internet yang kurang lancar karena PPG dilakukan secara daring.

3. Proses pembelajaran yang Masih teacher centered dan kurang inovatif sehingga motivasi belajar siswa rendah

C. Langkah-langkah yang dilakukan

Langkah-langkah yang penulis lakukan untuk menghadapi tantangan atau masalah tersebut adalah:

1. Guru harus belajar penggunaan TIK

Sebelum mengikuti PPG ini penulis kurang menguasai TIK sehingga sering mengalami kesulitan terhadap pengoperasian laptop. Sedangkan pemanfaatan TIK diharuskan pada pembelajaran berbasis TPACK.makadari itu guru harus belajar menggunakan TIK dalam proses pembelajaran.disini penulis belajar penggunaan TIK dengan melihat video tutorial di youtube misalkan tutorial pembuatan link google meet ataupun zoom.

2. Untuk antisipasi kendala jaringan wifi yang kadang kurang baik saat perkuliahan PPG karena dilaksanakan secara Daring,penulis mengisi data internet di handphone. Jadi saat koneksi jaringan terkendala bisa pindah ke hotspot.

3. Untuk mengatasi masalah proses pembelajaran yang masih teacher centerd dan kurang inovatif sehingga motivasi belajar siswa rendah.

Penulis menerapkan model pembelajaran PBL dan PJBL.dimana model tersebut lebih memusatkan pembelajaran pada siswa ( student centered ) sehingga motivasi belajar siswa meningkat. Penulis sudah menerapkan model tersebut yaitu PBL dan PJBL pada saat PPL baik aksi 1 maupun aksi 2 yang terbukti siswa lebih aktif dibanding pembelajaran-pembelajaran sebelumnya. Selain penggunaan model pembelajaran PBL dan PjBL penulis juga memanfaatkan TPACK dalam proses kegiatan pembelajaran seperti penggunaan PPt dan video.

Penulis memilih media pembelajaran yang lebih menarik siswa seperti video dan ppt, sehingga siswa mendapatkan sesuatu yang baru yang dulunya guru hanya menggunakan metode konvensional tanpa media yang menarik seperti yang dikutip dari jurnal yaitu

Menurut H rahmat dan M jannati menyatakan bahwa: Variasi dalam kegiatan pembelajaran penting untuk dilakukan seorang guru dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk siswa. Kreatifitas gaya mengajar guru yang menyenangkan serta adanya penerapan kurikulum, secara tidak langsung hal ini dapat menumbuhkan semangat atau motivasi belajar siswa terhadap suatu mata pelajaran. Motivasi belajar yang timbul dalam diri siswa disebabkan karena adanya cita-cita atau dorongan untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Sumber: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+metode+pembelajaran+mempengaruhi+motivasi+belajar+bahasa+inggris+siswa+rendah&btnG=

Tanggal 11 oktober 2022(14.15)

Menurut Sudjana dan Rivai (1992) manfaat video yaitu: 1). Dapat menumbuhkan motivasi. 2). Makna pesan akan lebih jelas sehingga dapat dipahami oleh peserta didik dan memungkinkan terjadinya penguasaan dan pencapaian tujuan penyampaian.

Sumber: Sudjana,N & Rivai,A 1992.Media Pembelajaran.Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

D. Refleksi ddan Dampak

Dampak yang dirasakan penulis selama mengikuti PPG ini adalah; penulis mengetahui dan mempraktikkan model-model dan metode pembelajaran yang inovatif di abad 21. Sebelumnya penulis hanya menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran. Penulis juga mengetahui dan mampu menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis digital. Selain itu, penulis lebih memanfaatkan TIK, seperti; melakukan pembelajaran melalui google meeting, mengedit video pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis digital, dan bisa menggunakannya dalam proses pembelajaran secara maksimal.

Dampak yang dirasakan oleh peserta didik selama PPL, mereka lebih aktif, lebih kreatif, lebih kondusif, dan tentunya cara mereka memahami materi lebih mudah. Karena saat pembelajaran peserta didik lebih fokus, tidak jenuh, tidak mengantuk, dan mereka tertantang untuk memahami materi dan berkolaborasi dengan peserta didik yang lain.

Respon yang didapat terkait dengan strategi yang dilakukan yaitu; untuk rekan guru mereka menjadi termotivasi untuk memperbaiki cara mengajarnya selama ini terkait model dan metode yang digunakan. Sementara untuk peserta didik, mereka lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

E. Kesimpulan

Berdasarkan proses dan aktivitas selama PPG yang dilaksanakan,penulis mendapatkan banyak sekali ilmu yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar yang efektif di kelas. Serta meningkatkan profesionalisme guru sebagai pengajar. Penulis juga mendapatkan pengalaman dalam membuat modul ajar,memilih media pembelajaran yang inovatif dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

F. Kajian Pustaka

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+metode+pembelajaran+mempengaruhi+motivasi+belajar+bahasa+inggris+siswa+rendah&btnG=

Tanggal 11 oktober 2022(14.15)

Sudjana,N & Rivai,A 1992.Media Pembelajaran.Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No.16 tahun 2007 tentang Standar KualifikasiAkademik dan Profesi Guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

04 Dec
Balas



search

New Post