Gian Yoga Permana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TER
image source by google.com

TER"ALIEN"ISASI

Alien secara umum diartikan sebagai sesuatu yang tidak dikenali yang berasal dari luar planet bumi / ekstraterestial. Hollywood merepresentasikan Alien dalam wujud sedemikian rupa, berdasarkan berita yang tersebar dan desas – desus penampakan Unidentified Fyling Object (UFO) yang terekam peralatan manusia di seluruh belahan bumi. Lantas apa kaitannya dengan dunia pendidikan ? ternyata berdasarkan hasil rekam jejak saya secara pribadi baik selaku insan pendidik dan anggota masyarakat, ditemukan begitu banyak “Alien”, alien – alien ini jauh lebih berbahaya dari alien yang disajikan dalam film holywood, serupa tapi tak sama.

Alien ini merujuk pada sebuah proses yang saya namakan “teralienisasi”, merujuk pada arti kata alien itu sendiri yakni sesuatu yang tidak dikenali bila dihubungkan dengan karakter insan pembelajar / siswa hari ini, masih banyak siswa yang teralienisasi dari pendidikan karakter, masih banyak siswa yang teralienisasi dari pemahaman akan siapa dirinya dan seperti apa kepribadiannya sebagai seorang siswa, masih banyak siswa yang teralienisasi dari lingkungan masyarakatnya, tetangganya dan terutama dari pedoman Agamanya. Lantas pertanyaan mendasarnya adalah dari mana proses alienisasi ini muncul dan berkembang ? tentunya proses ini muncul dari Luar “planet” karakter bangsa indonesia itu sendiri, proses ini menginvasi karakter bangsa kita secara massive dan mendasar, proses ini berlangsung terus menerus tanpa adanya “satelit pendeteksi” dan “senjata” perlawanan untuk mengantisipasi, dan menyerang proses alienisasi yang sudah begitu parahnya. Gejalanya sudah banyak terlihat, bahkan dilingkungan saya sendiri sudah begitu banyak anak muda / pelajar yang teralienisasi dari semua unsur kehidupan yang berlandaskan karakter bangsanya, dari mulai tata cara berpakaian, sopan santun, etika, sosialisasi, komunikasi, dan lainnya.

Dari gejala – gejala tersebut munculah sebuah fenomena yang dinamakan “alienisasi”. Lantas sekarang bagaimana langkah kita sebagai guru mengatasi fenomena tersebut ? tentunya kita memerlukan bantuan Maha besar dari Sang Pemilik kekuatan sejati, yaitu Allah SWT. Dalam mendidik dan menyadarkan siswa dari proses alienisasi tentu nya harus menyentuh hati mereka, dan hati sejatinya adalah alam makrokosmos yang tidak bisa kita pahami sendiri, tentunya dalam memahami hati kita memerlukan bantuan sang Maha Pemilik hati. Maka libatkanlah Allah dalam mendidik generasi, Insya Allah alienisasi akan menhilang dan musnah dari bumi pertiwi. Amin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dalam mendidik dan menyadarkan siswa dari proses alienisasi tentu nya harus menyentuh hati mereka...subhanallah, setuju Pak, karena sesuatu yg dari hati akan tembus ke hati juga, insya Allah

09 Jul
Balas

Sip. Aktual. Bolehlah utk kenalkan anak didik dengan kunjungi teman sakit. Belajar belanja ke pasar. Dan banyak lagi libatkan komunikasi dgn masyarakat.

09 Jul
Balas

terimakasih bapak wiyono, setuju dengan bapak.

10 Jul



search

New Post