Hidmi Gramatolina Ramdhayani

Guru SMK di Lombok Barat NTB. Lahir, 12 Juni 1983. Dari pasangan orangtua yang juga berprofesi pendidik. Bersama MediaGuru kembali menghidupkan bibit bibit baka...

Selengkapnya
Navigasi Web
POHON KERAMAT di SEKOLAH (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-35)
Sumber Foto : gramatolina.gurusiana.id (Foto diambil awal tahun 2019, jauh sebelum masa Pandemi)

POHON KERAMAT di SEKOLAH (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-35)

Bismillah. Sahabat Gurusianer semoga bahagia selalu. 

Sambil membaca kisah saya hari ini ya. 

Sekolah kami berada di tengah kota kabupaten. Namun, di kelilingi beberapa bukit dan hamparan sawah yang luas. Pagi hari, kadang kami masih bisa menikmati kabut dan udara dingin. Alhamdulillah. Awal yang baik untuk memulai hari. Segar. Hijau.

Halaman sekolah pun banyak tumbuh pohon-pohon besar. Sehingga, sekolah menjadi teduh dan sejuk. Salah satunya adalah pohon mangga. Tidak terlalu tinggi dan belum mulai berbuah. Meskipun berada di tengah halaman sekolah, kiranya tak banyak yang memperhatikan pohon mangga ini.

Para guru akan melaluinya begitu saja untuk sampai ke kelas-kelas masing-masing. Begitu pun peserta didik. Mereka akan berlalu begitu saja. Apalagi ketika waktu istirahat, peserta didik akan melewati pohon mangga ini. Berebut ke kantin dan berlarian kembali ke kelas setelah bel masuk berbunyi.

Tetapi, ada sekelompok peserta didik yang sangat merasakan manfaat pohon mangga ini. Merekalah yang saya sebut sebagai KERAMAT (Kelompok Remaja Membaca Saat Istirahat). Beberapa peserta didik akan duduk berkumpul di bawah pohon mangga ini. Apa yang mereka lakukan?

Sangat sederhana. Mereka membaca beberapa lembar artikel yang telah disiapkan guru. Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan literasi di sekolah kami. Memang, belum maksimal. Namun, kehadiran tim KERAMAT setidaknya telah memulai menghidupkan program ini.

Bagaimana kondisi sekolah kami terkini?

Pohon mangga itu, kini sudah tidak ada lagi.

Setiap waktu sejatinya adalah perubahan.

Perubahan yang mengarah kepada kebaikan dan kemajuan.

Kondisi yang baru tentu akan melahirkan inovasi baru. Kreativitas baru. 

Sampai jumpa pada pohon KERAMAT yang baru.

 

 

#H35_Kamis, 28 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Oh mantap KERAMAT (KElompok RemajA Memba saat istirahAT)

28 May
Balas

HE HE ya bunda, bukan cerita horor

28 May

Terima kasih telah membaca

28 May
Balas

Mantap bu

28 May
Balas

terima kasih bunda

28 May

Pohon keramat, yang super keren!

28 May
Balas

Terima kasih bunda

29 May

Wah ide baru nih...

31 May
Balas

Mangga tidak hanya pelindung tetapi menghidupi ilmu menyejukkan literasi bagi yang haus akan perubahan transformasi era society 5.0

28 May
Balas

Terima kasih bapak Pengawas Bina. Insya Allah program akan terus berlanjut.

28 May



search

New Post