Gratia wing artha

Nama : Gratia wing Artha Alamat : kebonwaris Pandaan Status : Mahasiswa sosiologi universitas Airlangga Hobi : membaca , menulis puisi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Filsafat dan Islam sebuah refleksi kritis

Filsafat seringkali dikatakan bertentangan dengan Islam. Namun, ini merupakan stigma yang kurang bijaksana. Filsafat akan memperkuat agama dalam mengembangkan ilmu - ilmu keislaman. Tidak dapat kita pungkiri . Bahwa Hadist, Tafsir , fiqih , dan tasawuf merupakan produk filsafat. Memang, bila kita merefleksi sejak Adam diciptakan Tuhan telah mengajarkan manusia untuk berfilsafat. Dalam hal ini Filsafat adalah alat untuk mengembangkan keilmuwan dan daya pikir umat Islam. Maka, dalam hal ini filsafat sangat diperlukan dalam kajian Islam. Lantas , mengapa masih banyak umat Islam yang " agak ceriga pada filsafat". Padahal , filsafat digunakan oleh para ulama untuk mengembangkan Islam. Islam menganjurkan umatnya untuk berfikir kritis. Namun, kita malah menjauhi filsafat.

Dari sini saya tidak hendak menyalahkan pemikiran umat Islam yang " mencurigai filsafat atau dapat dikatakan anti terhadap filsafat. Namun, yang ingin saya tekankan adalah Umat Islam menjadikan filsafat sebagai landasan dalam berfirkir kritis. Bila , umat Islam tetap menghindari filsafat. Maka, kebudayaan dan peradaban Islam akan berhenti ( statis ). Oleh karena itu, umat islam harus terbuka pada filsafat sebagai perangkat untuk mengembangkan ilmu - ilmu keislaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post