Gratia wing artha

Nama : Gratia wing Artha Alamat : kebonwaris Pandaan Status : Mahasiswa sosiologi universitas Airlangga Hobi : membaca , menulis puisi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Islam Dan Dinamika Perubahan sosial

Islam akan selalu menyesuaikan dengan perubahan sosial. Itu sudah menjadi fitrah agama Islam. Dalam hal ini Islam akan selalu menyesuaikan dengan dinamika sosial masyarakat. Bahkan, bila kita membaca sejarah Islam akan kita temui makna Islam sebagai agama yang " memanusiakan - manusia". Namun, ada sebagian penganut Islam Fanatik yang dengan " kebrutalan " menafsirkan Islam sebagai agama yang kaku. Inilah yang menjadikan wajah Islam menjadi kurang dikenal kenaikannya. Jika , kita menafsirkan Islam sebagai agama yang kaku , itu bukan Islam yang kaku , akan tetapi kitalah yang " melukis wajah Islam dengan penuh kekakuan. Sejarah telah mengajarkan bahwa Islam sangat humanis. Penafsiran - penafsiran kaku yang mejadikan Islam menjadi beku dan kurang merefleksikan humanisme. Islam akan selalu mengajarkan kebajikan , dan meskipun beberapa golongan mencemarkan wajah Islam yang humanis. Makna dan refleksi Islam sebagai agama yang humanis akan tetap hidup.

Menelaah Islam secara Hermeutika, akan menghasilkan ajaran - ajaran Islam yang penuh dengan Budi pekerti. Kebajikan akan membawa kedamaian , begitulah perspektif Islam dalam memandang hidup. Lantas, mengapa masih banyak yang menafsirkan Islam dengan " kemarahan ". Padahal Islam sangat ramah. Dari sini kita perlu merefleksikan ajaran Islam yang humanis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menggeneralisir mereka yang taat syariat (biasanya berhijab, berjenggot, celana cingkrang, dll), sebagai islam yang pemarah dan fanatik juga bagian dari dehumanisme. Monggo saling bercengkrama, sebagai saudara seakidah. Bukankah Islam itu Rahmah.

23 Jun
Balas

Islam adalah rahmat bagi alam. Terimakasih pak

23 Jun
Balas



search

New Post