GUNANTO MOTIVATRUST

Gunanto YPI Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta FB : Gunanto Suprapto IG : mr.gunanto Channel Youtube : GUNANTO MOTIVATRUST...

Selengkapnya
Navigasi Web
565. MEMAAFKAN SEBELUM MEMINTA MAAF

565. MEMAAFKAN SEBELUM MEMINTA MAAF

Idul Fitri menjadi momen yang paling spesial bagi setiap orang. Bagi kaum muslimin, momen itu menjadi pebggiat silaturahim antar keluarga. Tradisi mudik adalah salah satu bukti kuatnya ikatan batin antar anggota keluarga. Jarak tempuh ratusan kilometer, tidak menjadi hambatan. Semua dilakukan hanya untuk "sungkem" kepada orang tua, kakak, atau sanak saudara lainnya. Mudik dapat dimaknai kembali ke udik. Kembali ke masa-masa kecil di kampung halaman. Berjumpa dengan keluarga dan teman semasa kecil sumgguh luar biasa. Bagi yang sudah ditibggal orang tua, mudik tetap dilakukan untuk ziarah ke makamnya. Bukti bahwa kampung halaman tidak akan pernah terlupakan sepanjang hayat.

Ada kebiasaan yang bagus dilakukan, yaitu yang mudah mendatangi yang tua untuk meminta maaf. Bukan berarti yang mudah banyak salah, namun ini wujud etika dan adab yang muda kepada yang tua. Sangat indah yang muda menunjukkan rasa sayangnya kepada saudara atau tetangga yang lebih tua. Yang meudah mendoakan yang tua dan yang tua mendoakan yang muda. Saling mendoakan adalah inti dari silaturahim.

Bagaimana jika kita menyepakai satu hal, yaitu kita sudah memafkkan kesalahan orang lain sebelum kita memibta maaf kepada orang lain. Bisa jadi kita, sengaja atau tidak, kita permah berbuat salah kepada orang lain. Kewajiban kita adalah meminta maaf kepada yang bersangkutan. Namun, akan lebih baik jika kita mulai memaafkan orang yang pernah menyakiti kita, jika memang ada. Kita maafkan mereka walau mereka tidak memibta maaf kepada kita. Keikhlasan untuk memaafkan orang lain seperti ini sangat berat,tapi perlu kita coba. Kita akan mendapatkan ketenangan hati jika mampu melakukannya.Keberanian kita untuk mengusir rasa benci kepada orang lain perlu diwujudkan. Salah satunya adalah memaafkan mereka jauh-jauh hari. Biarkanlah keikhlasan kita itu menjadi tabungan amal untuk kita. Bukankan semakin banyak tabungan amal akan semakin baik untuk kita?

Salam sukses, salam motivatrust.

Jakarta, Idul Fitri 1443 H

Gunanto

IG : mr.gunanto

Youtube: GUNANTO MOTIVATRUST

Tiktok edukasi: @gunantomotivatrust

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post