Gunawan Ag

Saya lahir disebuah pinggiran kota, tepatnya sebuah perbatasan antara kota jakarta dan kota tangerang. Pada saat itu tangerang masih dalam bagian dari provinsi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menggunakan Tik tok sebagai media belajar

Menggunakan Media Tiktok untuk Belajar

Tik tok dan berbagai macam jenis media sosial bisa kita gunakan untuk memberikan konten yang berisi hal-hal yang ringan dan berkait kehidupan kita sehari-hari. Teknologi itu netral, bisa dikatakan seperti itu. Teknologi itu bebas nilai, begitu ungkapan yang pernah penulis baca, mungkin juga yang lain pernah menemukan kata-kata yang sama.

Zaman sekarang kita dihadapi oleh masa baru dalam belajar, sebuah program kegiatan kaget, tiba-tiba dilaksanakan dimana kesiapan para guru akan perkembangan teknologi masih miskin dan gaptek kalo bahasa anak sekarang. Pandemi covid 19 yang menyerang manusia membuat manusia berfikir bagaimana menyikapinya, maka sudah dua tahun lebih pendidikan yang masih tergopoh-gopoh melangkah gontai karena masih sangat belum siap menyikapi perubahan yang tiba-tiba.

Kritik sana kritik sini belum memberi solusi bagi perbahan instan yang mendadak dan membuat kaget para guru, kualitas pendidikan pun menjadi sasaran kritik tanpa solusi. Guru kaget, orangtua gagap anak belum siap menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan tepat. Infrastruktur bellajarpun masih sangat belum siap, hanya mereka-mera yang berkantong tebal dan tidak gagap teknologi yang mungkin agak tertolong, itupun jika masih mau memperhatikan anaknya saat belajar.

Menyikapi hal yang demikian saya kemudian mengambil jalan seperti banyak orang menggunakan kemajuan teknologi yaitu dengan membuat beberapa konten tik tok dengan memberikan kuis pada grup wa kelas yang saya ampun, untuk yang perdana ini saya membuat konten video bacaan doa sehari-hari dan saya meminta para siswa menjawab quiz yang saya sampaikan, dan memberi komen membangun bagi setiap para siswa yang mampu menjawab dengan benar, mengapa tik tok menjadi pilihan? Pertama para remaja milenial saya yakin banyak yang menggunakan aplikasi satu ini atau kita juga menggunakan aplikasi sejenis berbagi video.

Dari pada aplikasi tersebut berìsi hal negatif untuk menyebarkan berita hoak joged-joged tidak jelas saya mencoba mewarnainya dengan warna yang berbeda, yaitu konten yang bermanfaat untuk siswa belajarl saat santai, sebenarnya banyak hal yang positif juga kita memperhatikannya, tergantung siapa yang memegang teknologi itu, jika kita sebagai guru mari kita gunakan untuk membuat konten belajar yang menarik buat para siswa saat santai dirumah, mungkin bisa saja sebagai hiburan dan pelajaran, sambil menyelam minum air begitu kira-istilah tepatnya.n

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post