Gunawan Sinulingga, S.Pd, M.Or

Inisiatif, Kreatif dan Percaya Diri Merupakan motto saya untuk menjadi sukses...

Selengkapnya
Navigasi Web
Extrakurikuler Olahraga Soft Power Bagi Sekolah

Extrakurikuler Olahraga Soft Power Bagi Sekolah

Olahraga bagi sebagian Sekolah dijadikan sebagai salah satu instrumen dalam rangka untuk mencapai kejayaan sebuah sekolah. Olahraga dipandang sebagai media yang efektif untuk memposisikan sebuah sekolah di forum Nasional dan bahkan sampai Internasional.

Olahraga juga dapat dijadikan soft power bagi sebuah Sekolah. Posisi strategis ini menjadikan olahraga di berbagai sekolah digarap secara serius, terpadu dalam pendidikan, kajian lintas bidang atau sudah memanfaatkan sport science dan memiliki koordinasi yang jelas.

Namun yang terjadi di Indonesia olahraga masih digarap secara parsial. Koordinasi antar lembaga/induk organisasi masih kurang. Pemassalan olahraga yang menjadi dasar kuat masih dirasa kurang. Olahraga hanya dipandang sebagai rutinitas belaka, belum menjadi kebutuhan setiap insan, sekolah, daerah, atau bahkan Negara. Ada banyak pilar penyangga bangunan keolahragaan nasional. Mulai dari atlet, sarana-prasarana, pemanfaatan sport science hingga terpadunya kegiatan keolahragaan ke dalam kegiatan akademis di sekolah.

Tulisan ini mencoba menggugah kita untuk lebih memperhatikan pada pentingnya pengelolaan pengelolaan program ekstrakurikuler olahraga di sekolah sebagai faktor pendukung dalam upaya pencapaian olahraga prestasi. Keterlibatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengarahan dan pembinaan juga menjaga agar kegiatan tersebut tidak mengganggu atau merugikan aktivitas akademis yang dimaksud dengan pembina ekstrakurikuler adalah guru atau petugas khusus yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk membina kegiatan ekstrakurikuler. Pembinaan atlet usia pelajar sering kali tidak terjadi kesinambungan dengan pembinaan cabang olahraga prioritas.

By a Paidotribes Gugun Charo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post