Gunawan Sinulingga, S.Pd, M.Or

Inisiatif, Kreatif dan Percaya Diri Merupakan motto saya untuk menjadi sukses...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nilai Kearifan Lokal Budaya Pencak Silat

Nilai Kearifan Lokal Budaya Pencak Silat

Manusia tidak dapat hidup terpisah dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia dalam menghadapi lingkungannya menggunakan berbagai model tingkah laku sesuai dengan tantangan yang dihadapinya. Model tingkah laku itu akan terbentuk nilai, norma, dan konsep pengetahuan yang diperolehnya dan dikembangkan, kemudian diwariskan secara turun-temurun. Pencak silat sebagai budaya bangsa Indonesia telah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Secara naluriah, manusia selalu ingin berkernbangdan memperlahankankehidupannya. Manusia dalarn menghadapi tantangan alam dan berbagai keganasan binatrurg buas yang dapatmengancam kehidupannya, antara lain memperhatikan gerakan-gerakan berbagai binatang. Manusia kemudian meniru cara berkelahi dengan meniru gerakan-gerakan berbagai jenis binatang, sebagai benih gerakan-gerakan beladiri pencak silat. Misalnya, gerakan-gerakan pencak silat yang meniru gerakan kera, ular, harimau dan berbagai jenis binatang lainya. Berbagai aliran pencak silat seringkali disesuaikan namanya dengan nama binatang, nama tempat, atau nama pulau. Setelah peradaba lebih maju, beladiri tersebut berkembang makin lengkap dan kemudian disebut pencak silat.

Berkaitan dengan hal tersebut dalam pasal 32 UUD 1945 dijelaskan bahwa "kebudayaan bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai usaha budi daya rakyat lndonesia seluruhnya. Kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluuh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsa". Pencak silat termasuk kebudayaan lama dan asli yang merupakan kebudayaan nasional. Pencak silat sebagai budaya bangsa Indonesia mempunyai kebiasaan dan merupakan ketentuan yang tidak terlulis. Setiap ketrampilan beladiri selalu rnemiliki filosoli yang wajib dihayati dan diamalkan oleh rnereka yang rnempelajari ketrampilan beladiri tersebut. Semakin seseorang menguasai ketrampilan beladiri yang dipelajari, semakin tinggi kewajibannya dalarn menghayati dan mengamalkan filosofinya. Hal ini disebabkan atau dilatarbelakangi oleh dua hal berikut.

1. Pendidikan ketrampilan beladiri mempunyai tujuan untuk membentuk manusia berbudi pekerti luhur yang mampu mengendalikan diri serta rnengamalkan berbagai perbuatan terpuji yang memberi manfaatpositif bagi pembangunan diri dan masyarakat.

2. Ketrampilan beladiri ini akan berbahaya jika dimiliki dan dikuasai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di Indonesia ada banyak perguruan pencak silat yang mempunyai banyak persamaan dan kemiripan dalarn hal filosofi. wadah dari persatuan pencak silat yang sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya itu diberi nama "ikatan Pencak Silat Indonesia", disingkat IPSI. IPSI mempunyai tugas pokok mempersatukan, membina, melestarikan, mengembangkan, dan

memasyarakatkan pencak silat di Indonesia. Berdasarkan gambaran karakteristik pencak silat tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk menggali nilai budaya pencak silat dan menemukan kandungan ajaran budi pekerti luhur.

Sebagaimana telah dipaparkan di atas, bisa disimpulkan bahwa pencak silat memiliki tujuan untuk menanamkan ajaran mengenai nilai-nilai kearifan lokal yang berkaitan dengan keluhuran moral bagi setiap orang yang mempelajari pencak silat tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

15 Aug
Balas



search

New Post