Hadi Ismanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
3 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT PILIH SEKOLAH
Dok. koleksi pribadi

3 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT PILIH SEKOLAH

Menjelang tahun baru berarti memburu sekolah baru. Itulah yang dilakukan orang tua yang anaknya mau masuk sekolah. Pasalnya, saat ini sekolah-sekolah berkejar-kejaran untuk membuka pendaftaran murid baru. Bahkan, ada sekolah yang sudah buka PPDB dari bulan September atau Oktober.

Pemilihan sekolah untuk anak bukan hal yang mudah karena banyak sekali yang harus diperhatikan. Apalagi pilihannya juga luar biasa banyaknya. Setiap sekolah punya karakteristik dan pesonanya masing-masing. Alhasil, orang tua dibuat bingung.

Setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak, yaitu:

1. Kenyamanan.

Kenyamanan yang dimaksud adalah kenyamanan yang dirasakan anak. Kadang hal ini bertolak belakang dengan persepsi orang tua. Bisa jadi anak suka dengan sekolah yang biasa saja, bahkan seperti rumah dan bukan gedung mewah. Tapi orang tua masih memandang kenyamanan dari gedung yang menjulang dan fasilitas yang mewah.

Sebaiknya orang tua lebih bijak menjembatani hal ini dengan cara berdiskusi dengan anak. Anak dapat menyampaikan perasaan dan keinginannya. Begitupun dengan orang tua.

Bukankah yang sekolah adalah anak?

2. Concern Pendidikan Anak.

Sekolah yang baik adalah sekolah yang concern terhadap semua aspek perkembangan anak. Bukan hanya menonjolkan bahkan mengagungkan aspek kognitif.

Bisa jadi orang tua disajikan pemandangan beribu-ribu penghargaan yang entah dari semua murid atau tidak. Tapi, orang tua tidak perlu terpukau dan "gelap mata."

Sebaiknya dengan pemandangan piala, piagam, dan medali justru membuat orang tua bertanya tentang pendidikan di sekolah tersebut. Bagaimana sekolah dapat membangun aspek sosial, agama, motorik, estetik, bahasa, dan aspek perkembangan anak lainnya? Bagaimana tanggapan sekolah terhadap anak yang istimewa/ABK?

Mengapa hal ini penting? Karena dunia sudah berubah. Disrupsi dan Dunia Digital seharusnya mengajarkan kepada kita bahwa softskill itu lebih penting daripada sekadar nilai di atas kertas tes dan ujian.

3. Kesesuaian Nilai.

Setiap keluarga pasti mempunyai nilai-nilai yang diyakini sebagai prinsip keluarga. Tentunya orang tua juga perlu memperhatikan hal ini. Misalnya nilai-nilai agama, moral, budaya, dan lainnya.

Sekolah yang perlu dijadikan pilihan adalah sekolah yang mendukung nilai-nilai tersebut.

Itulah 3 hal yang harus orang tua perhatian dalam memilih sekolah untuk anak. Semoga bermanfaat.

#Day2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MasyaAllah. Sangat informatif. Terima kasih banyak, Mas.

02 Jan
Balas

Terima kasih, Pak Lisata. Mohon bimbingannya supaya menjadi penulis yang menginspirasi.

02 Jan



search

New Post