Hadi Sucahyono

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
                                         DESA DENGAN SEGUDANG PRESTASI
Hadi Al Madurese

DESA DENGAN SEGUDANG PRESTASI

          Pagi yang cerah dengan sejuta harapan kuajak anakku yang masih berumur 2th untuk sekedar mengelilingi desaku yang memiliki pesona keindahan di Pagi hari,kuambil kunci sepeda motorku kulalui jalan desa yang sebagian masih berlubang dipenuhi genangan air dan embun yang membasahi rerumputan. Saya baru tersadar rupanya hujan deras semalam membuat aroma tanah tercium dengan begitu kuatnya,setelah selama seminggu desa ini tidak turun hujan. Sementara di ujung timur jembatan kumelihat beberapa anak sedang asiknya memancing dan bercanda gurau,mereka sangat bahagia walaupun saya melihat mereka belum mendapatkan seekor ikanpun tapi rupanya itu bukan tujuan dari mereka memancing,karena hakekatnya mereka hanya ingin melepaskan penat dari aktifitas mereka selama 6hr disekolah.

           Desa ini memiliki hamparan sawah yang sangat luas karena mayoritas di desa ini masyarakatnya bertani,sehingga sumber penghasilan mereka dari bercocok tanam walaupun juga ada yang bekerja sebagai PNS. Permasalahan yang sering terjadi khususnya pada musim kemarau adalah tersedianya air irigasi karena ketergantungan pada air hujan masih tinggi, sehingga diharapkan ada solusi bagi petani ketika musim kemarau tiba. Dalam beberapa tahun ini telah dibangun tandon air yang sangat besar dengan kapasitas daya tampung hingga 30.000liter sehingga ini akan menjadi solusi atas kekurangan air yang terjadi di usim kemarau.

            Desa ini memiliki beberapa prestasi yang membanggakan yang mungkin tidak dimiliki oleh sebagian banyak Desa pada umumnya,berbagai Prestasi itu adalah:

Terpilih sebagai Desa Mandiri pada tahun 2021 Desa Peringkat 1 Prospektif Good Goverment Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2021 Harapan 1 Perpustakaan Desa Tingkap Provinsi Jatim Tahun 2021 Desa Tematik Tahun 2022

            Desa kami juga menjadi rujukan wisata bagi masyarakat di Pamekasan karena di Desa ini juga ada tempat wisata yang dinamakan"Taman Edukasi" dimana di dalamnya ada berbagai tempat eduwisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan,seperti Kolam renang,Perpustakaan Desa,Agrowisata dengan berbagai tanaman  seperti,tomat,terong,cabe,sawi,kacang-kacangan,semangka dan melon.Banyak masyrakat sekitar yang membeli sayuran dan buah-buahan di agrowisata ini karena disamping harganya murah,sayur buahnya juga masih segar sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

             Oh ya Desa ini adalah Desa Pademawu Timur yang berada di Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan,Madura Jawa Timur.Desa ini dipimpin oleh Kepala Desa Perempuan Juma'ati Elis Susanti SH namanya,walaupun seorang perempuan tapi beliau telah berhasil membawa Desa Pademawu Timur  mendapatkan berbagai prestasi baik tingkat kabupaten maupun Provinsi. Tentunya keberhasilan ini didapatkan dengan kerja keras dan dukungan semua stakeholder yang ada di dalamnya sehingga berbagai prestasi bisa di dapatkan. 

              Di desa ini juga sekarang masih dalam tahap pembangunan Pusat UMKM Desa, dimana hasil dari produk olahan makanan desa akan dijual dan diperkenalkan lewat UMKM Desa,sehingga para pengunjung atau wisatawan bisa lebih mengenal produk hasil olahan masyarakat Desa Pademawu Timur.Diharapkan dengan adanya UMKM Desa ini semua hasil olahan berbagai jenis makanan bisa diperkenalkan ke masyarakat luar bahwa Desa ini sebagai roda Penggerak Perekonomian Masyarakat,dengan begitu diharapkan kesejahtraan Masyarakat akan meningkat apalagi di musim pandemi covid 19 sekarang ini dimana harga-harga pangan dan BBM melonjak sehingga mau tidak mau masyarakat harus berfikir kreatif untuk menciptakan lapangan kerja demi menyukong ekonomi keluarga.

               Perpustakaan Desa yang ada disini juga memiliki banyak buku bacaan yang bisa digunakan oleh para pelajar untuk mencari refrensi bacaan yang mereka butuhkan. Perpustakaan Desa ini juga melakukan MOU dengan Lembaga Sekolah yang ada di Desa Pademawu Timur sehingga jika anak-anak membutuhkan sumber bacaan mereka bisa mencarinya di Perpustakaan Desa tanpa dipungut biaya.Dengan begitu diharapkan minat baca anak-anak akan meningkat yang akan berdampak juga dengan peningkatan prestasi belajarnya.Perlu diketahui juga bahwa Penduduk di Desa ini berjumlah sekitar 6.734 orang yang tersebar dari 9 dusun di dalamnya,terdapat 2.287 Kepala Keluarga dengan rician 3.252 orang yang terdiri laki-laki dan 3.482 Penduduk perempuan,maka dengan jumlah penduduk yang sangat besar ini diharapkan perputaran roda perekonomian berjalan dengan baik sehingga tidak ada ketimpangan antar rakyat yang kaya dan yang miskin. Disinilah peranan Desa sangat diharapkan agar pemerataan perekonomian berjalan dengan baik seiring dengan tumbuhnya UMKM yang ada di Desa.

                Oh ya salah satu program unggulan desa ini adalah dalam jka warga desa ini ada perubahan Kartu Keluarga(KK) maka tidak perlu lagi repot-repot ke Catatan sipil karena Pengurusan perubahan Kartu Keluarga bisa dilakukan di Balai Desa tanpa dipungut biaya (Gratis), dengan program ini diharapkan bisa meringankan beban warga apalagi di musim Pandemi Covid 19 sekarang dimana kita tidak boleh berkerumun. Banyak warga yang bersyukur dengan adanya terobosan program ini karena dapat menghemat biaya dan waktu dengan proses yang cepat dan tepat. Kedepan nya diharapkan program ini akan terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi dimana warga yang mau merubah data di Kartu Keluarga bisa melalui online tanpa harus datang ke Balai Desa. 

Inilah sekelumit cerita tentang Desaku, Desa dengan segudang Prestasi......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Pak. Salam literasi

06 Nov
Balas

Maaf pak baru belajar menulis,mohon bimbingan nya

07 Nov

Mantap ulasannya keren

06 Nov
Balas

Maaf Bu baru belajar menulis mohon saran dan bimbingan nya....

07 Nov

Maaf Bu baru belajar menulis mohon saran dan bimbingan nya....

07 Nov

Keren ulasannya pak. Lanjutkan. Tetap semangat

05 Mar
Balas

Dari ulasannya, serasa berada di UMKMnya Desa Pademawu timur. Mantap pak

05 Mar
Balas



search

New Post