Halida yanti

Guru Anak Usia Dini yang ingin belajar dan belajar serta memperluas silaturahmi...

Selengkapnya
Navigasi Web
HARDIKNAS 2018

HARDIKNAS 2018

Hari ini, di pagi yang sedikit mendung para pendidik dari berbagai tingkatan sekolah, baik SMA, SMP dan SD berbondong-bondong datang ke lapangan kantor walikota guna melaksanakan apel bendera memperingati hari pendidikan Nasional, saya teringat seorang tokoh pendidikan negeri ini yaitu Bapak KI Hajar Dewantara. Seorang pahlawan nasional yang bergerak dibidang pendidikan yang mempelopori kaum pribumi pada saat zaman penjajahan belanda.

Beliau mengumandangkan 3 slogan yaitu:

1. ING NGARSO SUNG TULODO yang berarti seorang pemimpin harus mampu menjadi pemimpin yang memberikan keteladanan bagi orang sekitar atau peserta didik.

2. ING MADYO MBANGUN KARSO yang berarti seorang ditengah kesibukannya mampu membangkitkan semangat, memberikan inovasi-inovasi dengan menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk keamanan dan kenyamanan di lingkungannya.

3. TUT WURI HANDAYANI yang sampai sekarang dipakai sebagai slogan kementrian pendidikan nasional Indonesia yang berarti mengikuti dari belakang dan memberikan dorongan moral serta semangat.

ketiga selogan secara tersirat akan melahirkan pengertian bahwa seseorang yang baik adalah yang mampu memberikan suri tauladan atau panutan dan juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang yang berada disekitarnya merasa pada situasi yang bersahabat, sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat.

Selain itu sudah merupakan tugas pemangku kebijakan dan pendidik untuk membumikan pendidikan dan melangitkan keceerdasan. sungguh pendidikan harus menjadi prioritas utama untuk anak-anak dari sabang sampai maroke, dari kota hingga pelosok plosok negeri, agar kelak anak-anak ini menjadi generasi penerus yang tangguh dalam menjawab tantangan era masa depan dan berakhlak mulia sebagai penguatan karakter yang harus mereka miliki.

kegiatan hari ini ditutup dengan pembagian hadiah bagi siswa, guru, kepala dan pengawas sekolah yang berprestasi sebagai reward dari apa yang telah mereka lakukan dengan kegigihan dan kesungguhan . semoga para pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa ini selalu diberikan kesehatan, kemudahan dan selalu dalam bimbingan Allah SWT.. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post