M Agus Sulaiman

Pamong Belajar Ahli Muda di wilayah kerja Papua dan Papua Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

PERAN KELUARGA MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Oleh: M. Agus Sulaiman, S.Pd

Peranan Pendidikan Informal (keluarga) terhadap pendidikan anak, antara lain:

1) Peranan Ibu. Pada Kebanyakan keluarga, Ibulah yang memegang peranan terpenting terhadap anaknya. Pendidikan ibu terhadap anaknya merupakan pendidikan dasar yang tidak dapat diabaikan sama sekali. Peranan ibu dalam mendidik anak-anaknya adalah:

-Sumber dan pemberi rasa kasih sayang,

-Pengasuh dan pemelihara,

-Tempat mencurahkan isi hati,

-Mengatur kehidupan dalam rumah tangga,

-Pembimbing dalam hubungan pribadi,

-Pendidikan dalam segi-segi emosional.

2) Peranan Ayah. Kegiatan seorang ayah terhadap pekerjaannya sehari-hari sungguh besar pengaruhnya kepada anak-anaknya, lebih-lebih anak yang telah remaja. Ditinjau dari fungsi dan tugasnya sebagai ayah dalam pendidikan anak-anak, adalah:

-Sumber kekuasaan di dalam keluarga,

-Penghubung intern keluarga dengan masyarakat atau dunia luar,

-Pemberi perasaan aman bagi seluruh anggota keluarga,

-Pelindung terhadap ancaman dari luar,

-Hakim atau yang mengadili jika terjadi perselisihan,

-Pendidik dalam segi-segi rasional.

Adapun proses pembelajaran informal yang dilaksanakan oleh keluarga berhasil, dilakukan dengan cara:

1. Pro-aktif terhadap perkembangan mental dan pendidikan anak-anaknya,

2. Memberikan contoh dan menjadi suri tauladan,

3. Memberikan motivasi,

4. Memberikan hukuman,

5. Melakukan pembagian tugas pekerjaan rumah,

6. Mengajak untuk melakukan usaha keluarga,

7. Melaksanakan bimbingan mengenai perilaku/ perbuatan positif,

8. Menghargai keinginan anak,

9. Tidak mengeluh dihadapan anak, dan

10. Memberikan nasehat.

Adapun sebagian bentuk-bentuk pendidikan karakter, antara lain:

1. Jujur

2. Disiplin

3. Percaya Diri

4. Peduli

5. Mandiri

6. Gigih

7. Tegas

8. Bertanggung Jawab

9. Kreatif

10. Bersikap Kritis.

Ada beberapa metode penanaman karakter dalam hal ini adalah sebagai berikut:

•Metode Internalisasi

Metode Internalisasi adalah upaya memasukkan pengetahuan (knowing) dan keterampilan melaksanakan pengetahuan (doing) ke dalam diri seseorang sehingga pengetahuan itu menjadi kepribadian (being) dalam kehidupan sehari-hari .

•Metode keteladanan

Anak adalah peniru yang baik. Secara psikologis, anak memang sangat membutuhkan panutan atau contoh dalam keluarga. Sehingga dengan contoh tersebut anak dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya jika anak tidak memperoleh model atau perilaku yang mencerminkan akhlak yang baik, tentu mereka pun akan melakukan hal-hal yang kurang baik.

•Metode Pembiasaan

Metode lain yang cukup efektif dalam membina karakter anak adalah melalui pembiasaan. Penekanannya adalah pentingnya metode pembiasaan diberikan kepada anak sejak usia dini dalam diri. Hati anak bagaikan suatu kertas yang belum tergores sedikit pun oleh tulisan dan gambar. Tetapi dia dapat menerima apa saja bentuk tulisan yang digoreskan, atau apa saja yang digambarkan didalamnya. Bahkan, anak akan cenderung kepada sesuatu yang diberikan kepadanya. Kecenderungan itu akhirnya akan menjadi kebiasaan dan terakhir menjadi kepibadian.

•Metode Bermain

Bermain dapat dijadikan salah satu metode dalam mendidik karakter anak di keluarga. Bermain merupakan cara yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai kompetensinya. Melalui bermain, anak memperoleh dan memproses informasi mengenai hal-hal baru dan berlatih melalui keterampilan yang ada. Seto Mulyadi (2013;9), menjelaskan bahwa anak adalah, anak bukan manusia dewasa mini, karena itu metode pembelajaran terhadap anak harus disesuaikan dengan perkembangannya. Pada dasarnya anak senang sekali belajar, asal dilakukan dengan cara-cara bermain yang menyenangkan.

•Metode Cerita

Sebagai suatu metode, bercerita mengundang perhatian anak terhadap pendidik sesuai dengan tujuan mendidik. Bila isi cerita dikaitkan dengan dunia kehidupan anak, maka mereka dapat memahami isi cerita itu, mereka akan mendengarkannya dengan penuh perhatian, dan dengan mudah dapat menangkap isi cerita.

Metode bercerita adalah suatu metode yang mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan anak. Oleh karenanya dijadikan sebagai salah satu teknik dalam mendidik. Adapun tujuan metode bercerita adalah agar pembaca atau pendengar cerita/ kisah dapat membedakan perbuatan yang baik dan buruk sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

•Metode Nasehat

Metode lain yang dianggap representatif dalam membina karakter anak adalah melalui nasehat. Metode nasehat merupakan penyampaian kata-kata yang menyentuh hati dan disertai keteladanan. Dengan demikian, metode ini memadukan antara metode ceramah dan keteladanan, namun lebih diarahkan kepada bahasa hati, tetapi bisa pula disampaikan dengan pendekatan rasional.

•Metode Penghargaan dan Hukuman

Metode terakhir yang dianggap dapat membantu dalam menanamkan karakter pada anak adalah metode dengan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment). Metode penghargaan penting untuk dilakukan karena pada dasarnya setiap orang dipastikan membutuhkan penghargaan dan ingin dihargai. Anak adalah fase dari perkembangan manusia yang sangat membutuhkan penghargaan. Karena itu, jika anak bisa melakukan hal-hal yang terpuji selayaknya orangtua memberikan apresiasi penghargaan. Dengan adanya penghargaan, anak akan lebih termotivasi untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik, selanjutnya dengan penghargaan biasanya anak merasa bangga dan lebih percaya diri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

bagus....

27 Feb
Balas

Thank's bu Peni

27 Feb



search

New Post