Haminah

Haminah adalah Guru SDN 112 Belajen, lahir di Belajen 05 April 1974 , memiliki tiga orang putra yaitu Fachri Irawan, Nur Adnan Fakhri dan Fauzan Al Munif. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hijaukan  Lingkungan  Dengan Pemanfaatan  Lahan Pekarangan  (Lomba Menulis Periode Juni
WEB

Hijaukan Lingkungan Dengan Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Lomba Menulis Periode Juni

 

Hijaukan Lingkungan Dengan Pemanfaatan  Lahan  Pekarangan

(Lomba Menulis Periode Juni  2021 )

 

Tumbuhan hijau sangat dibutuhkan oleh semua jenis makhluk hidup yang ada dipermukaan bumi. Tumbuhan merupakan paru – paru dunia. Tanpa tumbuhan hijau tidak akan ada kehidupan. Tumbuhan hijau memiliki peranan yang sangat penting. Bagaimana perilaku manusia melestarikan lingkungan agar kehidupan masyarakat sejahtera ?

          Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Termasuk manusia, hewan,tumbuhan dan makhluk hidup yang lain. Oleh karena itu kebijakan manusia untuk mengelolah lingkungan hidup harus digalakkan. Adanya sifat serakah untuk membabat hutan masih terjadi di sebahagian besar tempat. Keinginan untuk membuka lahan baru dengan mengeploitasi lingkungan tanpa melakukan reboisasi berdampak pada kerusakan lingkungan yang pada akhirnya  berakibat buruk pada manusia itu sendiri.

          Lingkungan memiliki peranan yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Kenyamanan tinggal di suatu lingkungan tergantung bagaimana kita mengelolah lingkungan agar nyaman dan asri. Lingkungan tidak bisa dipisahkan dari berbagai bentuk ekosistem. Dalam ekosistem banyak komponen yang terlibat. Jika salah satunya tidak seimbang maka akan berpengaruh kepada ekositem lainnya. Olehnya itu perlu dijaga keseimbangannnya.

          Kurangnya pasokan oksigen (O2) karena penebangan pohon secara liar menyebabkan pemanasan global. Udara yang dulu sejuk kini terasa panas Tingginya nilai kebutuhan menjadi sumber kebutuhan pokok semakin berkurang. Hal ini menjadi motivasi bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan untuk mendongkrak nilai perekonomian keluarga. Program yang kami lakukan yaitu sosialisasi bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan agar kebutuhan pangan terpenuhi.

 Lahan pekarangan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga. Pekarangan merupakan lahan terbuka yang terdapat disekitar rumah tinggal. Lahan pekarangan secara optimal sebagai lumbung keluarga baik sebagai sumber pangan nabati atau  ternak/ ikan sebagai bahan pangan hewani. Pekarangan rumah  aku kelolah dengan  menanam tanaman hias, buah, sayuran, tanaman apotik hidup. Pekaranganku  meski  sempit dimaksimalkan dengan tananan tabulapot atau menggunakan tanaman hydroponik . Barang bekas ( plastic minyak ) di tata sedemikian rupa untuk ditanami sayuran seperti sup, bawang prey, sereh, jahe, kunyit, lengkuas, kucai, Lombok, dan berbagai jenis kebutuhan dapur lainnya.

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayur, buah- buahan dan lauk pauk. Sehingga ekonomi keluarga bisa terpenuhi. Lahan kosong di belakang rumah dibuatkan kolam ikan dengan menggunakan tenda plastik . Sehingga tidak perlu repot ke pasar bila tiba- tiba ada tamu yang datang. Untuk tanaman hidroponik seperti kakung, selada, pagoda, pakcoy ( tanaman air )  menggunakan pipa atau baskom dan besek plastic yang tampak seperti saringan ( ada lubang – lubang kecil diseluruh sisi dan permukaan )

Hijaukan lingkungan rumah dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang bisa memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Halaman yang asri, rindang, teratur dan nyaman memberikan kesejukan bagi seisi rumah.  Strategi untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Sayuran yang diperoleh dari pekarangan sehat karena bebas dari pestisida  biasanya menggunakan pupuk kandang atau organik.

Gaya hidup berkebun urban dilakukan oleh Sebagian masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas demi untuk memenuhi kebutuhan dan melestarikan lingkungan hijau. Ada juga yang memanfaatkan tanaman hidroponik karena tidak membutuhkan tanah yang luas untuk bertanam. Hanya menggunakan air dengan nutrisi yang baik. Waktu panennya juga cukup singkat.

Apalagi di masa pandemi  tidak ada lagi rumah warga yang gersang. Banyaknya  waktu dan kesempatan di rumah menjadilkan lingkungan rumah kelihatan asri dan sejuk. Meski hanya dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media tabulapot. Usaha jual beli tanaman hias  juga bisa  mendongkrak ekonomi keluarga.

Mari lestarikan lingkungan dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Lingkungan yang hijau memberikan nuansa yang sejuk, menekan polusi udara, membantu menurunkan stress, dan meningkatkan pasokan oksigen. Manfaat pekarangan juga mendatangkan sumber pangan,memberi keuntungan jasmani dan rohani.

 

Dokumen Pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Penulis

 

Haminah, S. Pd, guru SDN 112 Belajen, Lahir di Belajen,05 April 1974. Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 di Universitas Terbuka ( UT ) 17 September 2017, Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar ( KPD ) di Makassar 27 Juli 2020  .

Prestasi yang pernah diraih Menjadi Peserta terbaik Kursus Mahir Dasar 25 Mei 2013, Menjadi peserta terbaik Kursus Mahir Lanjutan Golongan Penggalang 16 Juni 2014, Menjadi Pembina Teraktif Jambore Lamario Alla Bersatu 2016, Berhasil membimbing peserta didik pada Olimpiade Sains TK Nasional di Palembang tahun 2016, dan Juara 2 Guru Berprestasi TK Kabupaten Enrekang tahun 2019

Penulis bisa dihubungi melalui  Hp/ Wa. 085242895434. Email : [email protected] fb http://www.facebook.com/haminah.washy.7  Strategi Membumikan Literasi. Bangkitkan literasi di Indonesia.

LombaMenulisEdisiJuni2021

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sekali bun. Semoga lolos ya.

10 Jun
Balas

Aamiin

10 Jun

Aamiin

10 Jun

Kereeen ulasannya, Bunda. Semoga sukses dalam lombanya. Salam literasi

10 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih supportnya pak

10 Jun

Luar biasa. Semoga sehat dan sukses selalu buat ibu bersama Keluarga tercintanya

12 Jun
Balas

Mantap Bunda

18 Oct
Balas

Mantap Bu cantik. Semoga menang. Salam kenal dari Lubuk Sikaping. Sehat dan sukses selalu

13 Jun
Balas

Keren bunda ulaaannya semoga masuk naminasi

11 Jun
Balas

Maju terus bunda

12 Jun
Balas

Maju terus bunda

12 Jun
Balas

Aja mantap Le'

10 Jun
Balas

Keren ulasannya, bunda. Semoga lolos.

11 Jun
Balas

Semoga selalu sukses..maju terus pantang mundur...

10 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih bu

10 Jun

Sukses selalu bu......Semangat

10 Jun
Balas



search

New Post