Hanako Sukma Yoshisa

Alumni UNS Solo Pendidikan Sejarah '12. Duta Wisata Wonogiri '18. Guru sejarah SMK Negeri 1 Semarang . Hobby membaca, menonton film, konten kreator Tiktok (eduk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Katakan TIDAK pada Crab Mentality (Mental Kepiting)
Katakan TIDAK pada Crab Mentality (Mental Kepiting)

Katakan TIDAK pada Crab Mentality (Mental Kepiting)

Pernah melihat Mr. Crabs (Tuan Krabs) di film animasi Spongebob Squarepants? Yaps, pemilik restoran hits Krusty Krabs yang terkenal dengan kaya raya tapi pelit ini, memang menjadi ikonik di film animasi Spongebob Squarepants. Seperti halnya dengan kepiting yang diolah menjadi seafood, hmm... sangat menggiurkan and so delicious ! Eitss... tunggu dulu! Kita tidak sedang membahas dua kepiting yang fenomenal ini, namun mengulas mengenai Crab Mentality.

Apa sih Crab Mentality itu ?

Crab mentality adalah sifat iri dan berusaha menjatuhkan, ketika melihat kesuksesan orang lain. Sifat ini harus dihindari, karena sangat merugikan dan membuat korban mengalami mental illness.

Kepiting memiliki sifat alamiah, yaitu lebih baik mati bersama daripada maju atau melarikan diri dari kelompoknya. Sebagai contoh, ketika sekelompok kepiting berada didalam satu ember yang sama, kepiting yang berusaha keluar dari ember, akan mencapit dan menghalangi temannya. Hal inilah yang terjadi di dunia nyata, didalam dunia pertemanan, pendidikan maupun di dunia pekerjaan. Seseorang yang memiliki Crab Mentality akan merasa dirinya tidak maju, dan iri melihat perkembangan orang lain yang jauh lebih baik. Sebagai contoh, mem-bully, menghasut, mengintimidasi, mengomentari supaya korban merasa bersalah, mengkritik dengan tujuan menjatuhkan, mengklaim hasil kerja orang lain dan hal-hal yang bersifat negatif lainnya. Seseorang dengan mental kepiting, akan selalu mencoba menarik korbannya berada di fase atau level yang sama dengan dirinya. Siapapun termasuk kalian sendiri, bisa mengalami Crab Mentality.

Fyi (For Your Information), tips cara menghindari Crab Mentality :

1. Yakin dengan diri sendiri

Pede aja kali! Ketika orang dengan Crab Mentality mencoba menjatuhkan dengan cara mengkritik, tetap yakin dengan apa yang menurut kata hati kita benar. Tidak usah mendengarkan yang negatif, fokus pada pengembangan diri

2. Keluar dari zona nyaman (Comfort Zone to Growth Zone)

Terus mengembangkan potensi atau pengembangan diri. Harus optimis dalam mencapai kesuksesan

3. Berteman dengan orang-orang yang positif

Berteman dengan seseorang yang memiliki sifat Crab Mentality memang bikin menguras energi. Bukan berarti harus membenci, tetapi mengurangi interaksi. Berteman bukan hanya di dunia nyata, tetapi di dunia maya. Carilah teman yang saling support, saling mengerti satu sama lain, because, mental health juga penting bagi diri kita. Meninggalkan teman-teman yang memiliki Crab Mentality memang tidak mudah, namun jika terus-menerus berada dikelompok tersebut, pasti akan membuat diri tidak nyaman bahkan merugikan diri kita sendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan.

So, dengan se-fruit tips diatas, kalian bisa lebih memahami arti dari pertemanan. Pertemanan yang seperti apa sih, yang mampu menuntun kita dalam mencapai sebuah kesuksesan. Dengan saling support kepada teman-teman, kita mewujudkan salah satu karakter dimensi profil pelajar pancasila yaitu saling bergotong royong .

Kota Lama, 13 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerennnn bgt ulasannya bunda. Dan btl skli tentang curi2 org dg mental crab itu.

13 Jan
Balas

terima kasih bunda atas supportnya bunda.. Salam literasi

13 Jan

Saling gotong royong juga kolaborasi dan beriman dan bertqwa ya bun

13 Jan
Balas

injih ibu ... terima kasih supportnya ibu .. salam literasi

13 Jan

injih ibu ... terima kasih supportnya ibu .. salam literasi

13 Jan

Nggak mau ngonsumsi "kepiting beracun" juga ogah jadi "yuyu kangkang"

13 Jan
Balas

Nggak mau ngonsumsi "kepiting beracun" juga ogah jadi "yuyu kangkang"

13 Jan
Balas

maunya jadi yuyu nopo pak Isak.. ? terima kasih supportnya njih Pak Isak, barakallah...

13 Jan



search

New Post