Hanako Sukma Yoshisa

Alumni UNS Solo Pendidikan Sejarah '12. Duta Wisata Wonogiri '18. Guru sejarah SMK Negeri 1 Semarang . Hobby membaca, menonton film, konten kreator Tiktok (eduk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sunda Manda Menggoda
Sunda Manda Menggoda

Sunda Manda Menggoda

Permainan Zondag Maandag (Sunda Manda) berasal dari bahasa Belanda yang artinya engkle. Permainan ini, sangat populer dikalangan perempuan pada masa kolonial. Namun, setelah Indonesia resmi merdeka, permainan ini tetap bertahan dan terkenal hingga sampai ke pelosok negeri.    

Buku yang ditulis oleh Francis Willughbyrefers yang berjudul Buku Permainan, diceritakan mengenai permainan Scotch hop. Dalam bahasa inggris, Scotch Hop merupakan permainan engkle. Scotch (scratch) artinya menggores, sedangkan hop artinya melompat.

Permainan tradisional Sunda Manda atau engkle ini, biasanya dibuat dengan menggunakan kapur . Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang bersusun seperti rumah, lingkaran atau kotak yang disusun seperti huruf T, yang pada intinya sesuai selera pemain. Benda yang digunakan sebagai gacuk yaitu batu pecahan keramik atau batu yang berasal dari genteng pipih.

Jika permainan Sunda Manda atau engkle dibuat menggunakan kapur, pada zaman now di pembelajaran sejarah, disusun dengan menggunakan banner ukuran 2 meter, dan tentunya waterproof (tidak mudah sobek meskipun terkena air). Gacuk menggunakan bola yang berbahan bantal empuk nan gemoy. Terdapat 4 permainan Sunda Manda zaman now, yaitu berbentuk T, berbentuk ular, berbentuk tsunami dan yang terakhir berbentuk kaki.

Sebelum bermain, saya ajak anak-anak menonton film viral di Netflix yang berjudul Bumi Manusia, film ini menceritakan mengenai perjuangan H.O.S Cokroaminoto dalam mempertahankan Indonesia dan terbebas dari jeratan kolonial, dengan pemeran yang sebelumnya pernah bermain di film Dilan 1992, yang digandrungi oleh anak-anak zaman now, yakni Iqbaal Ramadhan. Setelah menonton film Bumi Manusia, saya membentuk kelompok bermain, kemudian kelompok pertama hompimpa dan suit jepang, agar adil siapa yang berhak bermain terlebih dahulu.

Peserta permainan Sunda Manda yang menang terlebih dahulu,akan memulai permainan dengan cara melemparkan gacuk gemoy ke dalam kotak permainan. Sebelum melemparkan gacuk, anak-anak ditutup matanya dengan selendang, kemudian peserta diputar badannya dua kali dilanjutkan dengan melempar gacuk gemoy. Peserta kemudian melompat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki. 

Kotak atau alur permainan Sunda Manda yang terdapat gacuk gemoy , tidak boleh diinjak oleh peserta. Peserta harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi alur petak-petak yang ada dalam permainan ini.

Kemudian, saat peserta melemparkan gacuk gemoy, juga tidak boleh melebihi garis alur kotak atau petak yang telah disediakan, atau saat melompat menginjak garis atau keluar kotak. Bila itu terjadi, maka dinyatakan gugur alias kalah dalam permainan dan giliran peserta berikutnya yang bermain. Peserta yang menyelesaikan satu alur putaran petak terlebih dulu dan bisa menjawab pertanyaan dari petak rahasia, itulah pemenangnya. 

Dengan belajar sejarah mix Sunda Manda ditambah musik yang asyik, dijamin anak-anak pasti betah! Muaranya, kalo anak-anak betah, ilmu yang kita transfer ke anak-anak pun berhasil. 

Kota Lama, 10 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post