Hanifah Hany

Hanifah lahir di Jakarta pada 16 agustus 1976.Saat ini aktif mengajar di SMPN 225 Jakarta. Pernah belajar di UNESA Surabaya tamat thn 2000. Hobi menulis puisi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Batik yang Membumi

Batik yang Membumi

Hari ini tepatnya, 2 Okober 2023 dalam rangka memperingati  Hari Batik Nasional seluruh pegawai di  instansi baik pemerintah maupun swasta dari tingkat pusat hingga daerah mengenakan baju batik. Tak terkecuali di sekolahku, SMPN 225 Jakarta. Ada nuansa yang berbeda saat pandangan ini  jatuh pada wajah para siswaku  dengan seragam batik nusantara yang beraneka. Jika di hari biasa sekolah mereka mengenakan seragam yang sama, hari ini begitu kental terasa keberagaman dalam busana. Batik khas nusantara berada di lingkup sekolah. Sebuah pembelajaran dapat ditanamkan melalui pemakaian batik nusantara ini. Yang pertama mengenalkan keragaman budaya pada diri siswa tergambar dari aneka corak batik yang ada. Kedua, menanamkan rasa cinta pada budaya khas Indonesia mengingat pesatnya perkembangan teknologi saat ini begitu deras menggempur kehidupan para remaja hingga seluruh sendi kehidupan bahkan dampak negatif yang ditimbulkan pun saat ini cukup memprihatinkan. Banyak remaja yang terjerumus melakukan hal-hal yang kurang terpuji dan begitu mudah tersebar melaui media sosial. Ketiga, mengajak para siswa untuk ikut serta melestarikan budaya Indonesia melalui batik yang dikenakan. Mengingat begitu banyak pengaruh negatif dari luar seperti gaya berpakaian remaja saat ini yang jauh dari norma kesopanan,   pakaian ala barat yang kurang sesuai dengan budaya ketimuran, Indonesia. 

Kita tentu patut memberi apresiasi dan bangga atas  upaya pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Untuk itu, mari bersama melestarikan budaya khas ini Indonesia ini dengan , Mencintai warisan leluhur melalui batik nusantara.

 

Jakarta, 2 Oktober 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post