Hanifatul Susmiyah

Mengajar di SDN Tanggul Kulon 01 Tanggul Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR DARI KUPU-KUPU
Sumber gambar: eventkampus.com

BELAJAR DARI KUPU-KUPU

BELAJAR DARI KUPU-KUPU

Oleh:Hanifatul Susmiyah

 

Kupu-kupu terbang di antara bunga. “Subhanallah begitu cantik kupu-kupu itu”. Ucapan yang pertama kali ketika melihat kupu-kupu terbang. Sayapnya mengembang. Berwarna warni ragam dan coraknya. Kupu-kupu adalah mahluk Allah yang begitu indah. Serasa tiada habis bila menuturkannya.

Allah menciptakan kupu-kupu penuh karunia. Banyak  edukasi yang bisa dipetik dari kupu-kupu. Sebagai manusia kita sering lupa dan melupakannya. Bagaimana kupu-kupu menjadi sedemikian indah. Tidak serta merta menjadi indah begitu saja. Proses yang demikian panjang, melelahkan dan juga nyawa sebagai taruhan.

Yang sering kita jumpai, ingin hasilnya saja. Itu pun ingin yang sebaik-baiknya. Seperti enggan melihat bagaimana proses sampai tercipta kupu-kupu. Untuk menjadi kupu-kupu harus mengubah diri. Proses metamorfosis harus dilaluinya. Diawali dari seekor ulat yang menjijikkan.

Dalam proses metamorfosis, hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Kemudian menetas menjadi ulat. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 hari. Ketika menjadi ulat, seolah banyak yang menjauhinya. Selama menjadi ulat, harus berproses ganti kulit. Kurang lebih enam kali pergantian kulit.

Selama berhari-hari ulat makan. Setelah merasa cukup, lama kelamaan akan berhenti makan. Ulat berpuasa selama 7-12 han. Tidak makan dan minum. Akhirnya berubah menjadi kepompong. Waktu menjadi kepompong antara 30-33 hari. Barulah kepompong lahir menjadi kupu-kupu yang cantik.

Perjalanan kupu-kupu menjadi pelajaran yang berharga. Hidup ini tidak instan. Awalnya kita bukanlah siapa-siapa. Tidak dikenal dan melewati proses panjang. Dalam proses harus dilewati tanpa menyerah. Suatu saat akan tiba masanya.  Kita dikenal orang . Kita dibutuhkan , dicari bahkan bermanfaat untuk orang lain.

Sayap kupu-kupu yang indah. Melambangkan keunggulannya. Demikian juga manusia. Jika yang dikembangkan adalah sisi keunggulan. Maka kesuksesan yang akan diraih dan dirasakan. Meskipun ada kelemahan, akan tertutup oleh keunggulan. Karena berfokus pada keunggulan akan mudah dikembangkan. Daripada berfokus pada kelemahan.

Pelajaran terpenting lainnya metamorfosis kupu-kupu, seperti kita yang menjalankan puasa. Kewajiban puasa di bulan ramadhan. Kepompong hasil puasanya nampak jelas dan begitu indah. Tetapi ada dua pilihan. Apabila tidak menjadi kupu-kupu, pilihan kedua adalah mati. Saat jadi kupu-kupu akan indah mewarnai dunia. Demikian juga dengan puasa ramadhan kita. Semestinya bisa mengubah menjadi manusia yang bertakwa, dan disayang Allah SWT. Hasil yang begitu indah dan lembut, manusia yang tidak sombong atau takabur.

Hari ini(13/2) sudah memasuki bulan rajab. Untuk sahabat gurusianer selamat menyambut bulan rajab. Bagi yang berpuasa bulan rajab, semoga amal ibadanya diterima Allah SWT. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Jazakillah khairan gagasannya

14 Feb
Balas

Makasih kunjungannya,salam santun

14 Feb

Aamiin ya robbilallamin. Uraian yang keren bunda. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS.

13 Feb
Balas

Makasih kunjubgannya Pakde, salam santun

13 Feb

Ulasan nan menawan. Sehat dan sukses selalu Bu Cantik

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Kita bisa belajar banyak dari alam. Baarakallaahu fiikum Ibu Hanifatul Susmiyah

13 Feb
Balas

Aamiin, makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Ulasan yang sangat luar biasa sekali bunda. Mantap. Sukses selalu dan salam literasi, bunda.

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Tulisan inspiratif dan sangat keren ibu cantik... Semoga kita juga memiliki perjalanan yang indah menuju kebaikan... Sukses selalu buat ibu hebat... Salam santun

14 Feb
Balas

Aamiin, makasih kunjungannya Bunsay, salam santun

14 Feb

Ulasan yang sangat luar biasa sekali bu. Mantab. Sukses selalu dan salam literasi

13 Feb
Balas

Makasih kunjyngannya, salam santun

13 Feb

pelajaran yang keren... salam sukses

14 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

14 Feb

Ulasan yang keren bunda. Salam sukses selalu.

13 Feb
Balas

Makasihe kunjungannya, salam santun

13 Feb

Cakep tulisannya Bunda, bermanfaat dan menginspirasi, salam sukses selalu

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Keren bundaUlasannya sangat bermanfaat

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Tulisan yang indah dan menginspirasi, Bunda. Semoga sehat selalu.

13 Feb
Balas

Aamiin, makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

selayaknya metamorfoses..kita harus sll sabartuk mendapatkan perubahan yg lebih indahn lebih baik..keren bunda sehat n sukses sll

13 Feb
Balas

Aamiin, makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Selalu indah berbicara tentang kupu2. Ada proses perubahan yg luar biasa yg diberikan Allah di sana

14 Feb
Balas

Makasih kunjungannya Tadz, salam santun

14 Feb

Mantab bunda ulasan yg mgedukasi dan menginspirasi sukses selalu bunda...

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Ulasannya mantap bunda. Sukses slalu

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya , salam santun

13 Feb

Aamiin. Ulasannya mantab bu. Mencerahkan.Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu

13 Feb
Balas

Aamiin, makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb

Perjalanan menjadi Kupu kupu yang indah, ibarat proses selalu siap menghadapi perubahan, menuju kebaikain.

13 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, salam santun

13 Feb



search

New Post