Hari Prasetio

Lahir di Cilacap 25 Maret 1967. Lulusan SDN 1 Karangtalun Cilacap (1980), SMPN 4 Cilacap (1983), SMAN 1 Cilacap (1986). Alumni Universitas Sebelas Maret Sur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sapa Nandur Bakal Ngunduh
Sumber : Dokumen pribadi

Sapa Nandur Bakal Ngunduh

Kita pernah mendengar tentang hukum kekekalan energi. Menurut para ilmuwan hukum kekekalan energi adalah energi tidak dapat dimusnahkan dan tidak bisa dibuat oleh manusia, karena energi adalah buatan Allah SWT dan yang bisa memusnahkan hanyalah Allah SWT, maka manusia hanya dapat merubah bentuknya saja.

Apakah hukum kekekalan energi juga berlaku bagi manusia?, jawabanya adalah berlaku, bisa diibaratkan kalau kita berbuat baik/menolong orang lain, entah kapan pasti kita akan ditolong oleh orang lain, tetapi kalau kita pernah berbuat tidak baik, jahat/mencelakakan orang lain, entah kapan kita pasti akan dicelakakan oleh orang lain. Bahasa Jawanya “ Sapa nandur bakal ngunduh”/ Siapa menanam bakal menuai/memanen. Perbuatan apa saja pasti akan ada balasannya, Allah SWT Maha Adil.

Banyak orang merasa penasaran dan tidak habis pikir, mengapa selalu mengalami nasib yang sama dari waktu ke waktu. Mereka begitu yakin bahwa selama ini mereka tidak pernah berbuat yang tidak baik atau mengirim energi negatif (-) secara tidak sadar. Demikian sebaliknya orang yang sering melakukan perbuatan yang baik secara ikhlas atau mengirim energi positif (+) akan mendapatkan balasan yang positif (+) juga dari Allah SWT.

Saya langsung teringat ada hiasan dinding yang bertuliskan “Aja lali marang kebecikaning liyan” / Jangan melupakan kebaikan orang lain. Tulisan ini saya baca di dinding salah satu kamar Hotel Grand Zuri Jalan Mangkubumi Yogyakarta pada acara Workshop Pengembangan Madrasah Keterampilan seminggu yang lalu

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan koreksi bagi diri kita masing-masing

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Asyik, ternyata ada penulis yang mempunyai gaya menulis seperti saya.

10 Dec
Balas

Trmksih Pak Ajun, mengisi waktu luang Pak.

10 Dec



search

New Post