Hari Prasetio

Lahir di Cilacap 25 Maret 1967. Lulusan SDN 1 Karangtalun Cilacap (1980), SMPN 4 Cilacap (1983), SMAN 1 Cilacap (1986). Alumni Universitas Sebelas Maret Sur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Salah satu kegiatan dalam mengembangkan profesi guru dapat dilakukan dengan melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), sesuai amanat Permeneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, sehingga guru yang akan naik pangkat dari golongan III/b sampai dengan IV/a diwajibkan untuk melakukan publikasi ilmiah, demikian sambutan Waka Kurikulum Drs. H. Sujono mewakili Kepala Madrasah.

Dengan dilaksanakan kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah MAN Purwokerto 2, diharapkan guru dapat menulis artikel ilmiah dengan benar sehingga akan tercipta budaya belajar dan guru bisa keluar dari zona nyaman golongan IV/a, ada sekitar 25% dari jumlah guru PNS. Demikian laporan ketua panitia Drs. H. Samingan, di D’Garden Hall & Resto Purwokerto, Rabu 11 Oktober 2017.

Berkaitan dengan masalah ini, maka perlu peningkatan kompetensi guru dalam hal penulisan artikel ilmiah. Menurut nara sumber workshop Dr. H. Sunhaji, M.Ag. yang penting dalam penulisan artikel ilmiah berawal dari membangun argumen dengan kajian sesuai dengan disiplin ilmu guru terkait, bisa tentang model pembelajaran, metode/strategi, sumber belajar, materi, dan evaluasi, yang intinya tentang implementasi. Gagasan yang diusung dengan melihat fenomena-fenomena secara ideal dan harus meyakinkan pembaca akan kebenaran dari gagasan tersebut.

Sunhaji mengatakan, dalam membuat narasi yang baik itu harus koherensi (kesatuan, terpadu, dan melengkapi), Mencari sumber gagasan dapat dilakukan dengan membaca koran di kolom tajuk rencana, topik, dan opini publik yang didukung dengan data, tren/isu-isu, dan pendapat. Selain itu juga untuk mencari kebaruan/kekinian, temuan baru, mencari teori-teori lain untuk diterapkan ke ilmu kependidikan, misalnya ilmu manajemen dan mencari research gap untuk mencari alternatif solusinya.

Kegiatan workshop direncanakan berlangsung dua hari, Rabu 11 Oktober 2017 dengan materi Bimbingan Teoritis, dan Rabu 18 Oktober 2017 dengan materi Bimbingan Praktis yang diikuti oleh semua guru MAN Purwokerto 2.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post