Hariyanto

Pernah bertugas di Papua selama 15 tahun lebih, tepatnya di SDN Inpres Timika V dan IX Mimika Baru (1992-2010) Saat ini bertugas di kota Blitar di SDN Turi 1. S...

Selengkapnya
Navigasi Web
AYO IKUTAN LOMBA MENULIS PENTIGRAF PERIBAHASAN 2022

AYO IKUTAN LOMBA MENULIS PENTIGRAF PERIBAHASAN 2022

Oleh, Hariyanto

SALAM LITERASI

Para sahabat dan pembaca yang berbahagia,...

Saya berdoa agar semua pembaca dalam keadaan sehat selalu, terbebas dari segala penyakit, termasik bebas dari virus Corona Omicron ini. Aamiin.

Para sahabat , tentu sudah mengenal Pentigraf ya ? Itu akronim dari Cerpen Tiga Paragraf yang digagas oleh Tengsoe Tjahjono seorang doktor dan dosen UNESA Surabaya. Beliau mendirikan Kampung pentigraf Indonesia (KPI) dalam laman fb nya. Sudah beranggotakan lebih 3000 orang di dalam Kampung itu, Sudah menerbitkan buku bersama (antologi) sekitar 6 judul.....dan saat ini membuka lomba lagi menulis pentigraf di sana.

Masih ingat cirinya Pentigraf.

Ciri unik ini perlu diketahui lebih dulu oleh calon peeserta lomba, agar naskah yang dikirim sesuai kriteria dan tidak ditolak.

Pentigraf seperti namanya disusun menjadi 3 paragraf saja, seperti cerpen lainnya diharapkan didalamnya ada alur, ada tokoh, ada dialog jika diperlukan ( dibatasi 1 dialog per paragraf).

Disarankan ceritanya to the point dengan alur.....ada konflik, dan ada akhiran, yang biasanya ditaruh di paragraf ke 3 dengan nama twist. Yaitu bangunan kalimat atau kata yang menyiratkan arti "mengejutkan" dalam cerita itu. Biasanya tidak diduga sebelumnya. Dan biasanya di sinilah letak kekuatan pentigraf itu.

Ini yang penting diketahui lagi, yaitu jumlah kata.....Ya. Jumlah kata maksimal 210 kata saja. Ingat ini maksimal, artinya jika kurang dari itu diperbolehkan.

Ada beberapa tema buku sebelum lomba kali ini yang tinggal sekitar 38 hsri lagi alias lebih sebulan. seperti tema : korupsi, bebas, lingkungan hidup, cinta dll.

Tema kali ini adalah Pentigraf Peribahasa. Artinya di dalam pentigraf harus dimunculkan peribahasa yang menjiwai ceritanya, Kira-kira sudah paham ? Ya , jika sudah paham berari tinggal aksi alias action......jangan sampai NATO hehehe......No Action, Talk Only.

Saya yakin para pembaca disini adalah penulis, atau setidaknya calon penulis. Baik penulis artikel, puisi maupun genre lainnya. Siapa saja bisa menulis pentigraf. Saya berharap semua pembaca mulai berani aksi dan menyambut tantangan ini, Semoga sukses.

Lampiran :

1/ Fllyer lomba Pentigraf Peribahasa

2. Contoh pentigraf Peribahasa, karya saya yang juga akan saya kirimkan ke Panitia, dengan harapan bisa untuk contoh sekaligus minta doa pembaca agar bisa lolos. Saya sudah menulis sekitar 9 judul dari 3 judul yang diminta panitia. Jika lebih akan saya tabung untuk dibendel jadi buku nantinya.

Sekian terimakasih

SALAM LITERASI.

Blitar, 21 Februari 2022

Hariyanto

Catatan :

LINK DWLOAD FILE CONTOH PENTIGRAF PEERIBAHASA : di sini.

https://drive.google.com/file/d/1kofB03vKfmYXIw8VxFZbCKX9ZgKuCJXg/view

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak, sukses selalu.

21 Feb
Balas

Terimakadih Bu. Salam.literasi.....silakan ikut lomba itu Bu

21 Feb

Mantap tulisannya. Terima kasih informasinya Pak, semoga semua berjalan lancar, terkumpul karya pentigraf yang inspiratif. Salam sukses.

22 Feb
Balas



search

New Post