Hariyanto

Pernah bertugas di Papua selama 15 tahun lebih, tepatnya di SDN Inpres Timika V dan IX Mimika Baru (1992-2010) Saat ini bertugas di kota Blitar di SDN Turi 1. S...

Selengkapnya
Navigasi Web

PRASANGKA (Pentigraf Peribahasa)

Oleh. Hariyanto

Satu hari secara tidak sengaja aku bertemu Parto di jalan tikungan kampung. Ini pertemuan yang pertama kalinya sejak 20 tahun lalu, ketika kami masih sama-sama anak-anak. Bagaimana kenangan saling kejar layang-layang putus. Main kejar-kejaran petak umpet. Atau main benteng, dan gobag sodor.

“Hampir aku lupa,....soalnya pakai kacamata hitam legam, berjaket kulit, persis boss !” sapaku mulai mencairkan suasana. Parto tersenyum sambil menutup pintu mobil Alphardnya. Mobil yang terlihat mengkilap jarang ada di kampung. Parto sengaja ke kampung untuk mengajakku dan teman lainya. Masih seperti dulu suka ngobrol dan mengaku kini sebagi bos. Ingin mengajakku ke kota bersama teman lainnya. Bagaimana bisa dipercaya ini ? pikirku

“Ayo Jo dimakan.....kita tidak punya waktu lama. Nanti sementara teman kita yang siap saja ikut dengan mobil saya.” Di restoran mewah di kotaku, aku benar-benar dijamu seperti raja. Penampilan Parto bertambah dewasa dan berwibawa. Dari senyumnya kulihat ketulusan dan kematangan pikirannya. Astagfirullah, ampunilah aku Ya Allah, aku telah salah sangka terhadap Parto. Emas disangka loyang. Aku telah membayangkan hal jelek saja padanya. Kini sudah 1 tahun lebih aku diberi tugas mengelola musholla di perusahaannya. Teman sekampung lainnya di tempatkan sesuai kemampuannya. Parto sungguh menjadi orang yang sangat baik, pemurah lagi bijaksana.

#Pentigraf peribahasa

Blitar, 21 Feb. 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen pentigrafnya, Pak. Salam literasi!

22 Feb
Balas

Terrimakasih pak Dede.Salam.literasi

23 Feb

Pentigraf yang luar biasa keren

22 Feb
Balas

Terimakasih bu. Salam lterasi

23 Feb

keren, pentigraf nasehat yg bijak...

22 Feb
Balas

Terimkasih pak Siswadi....salam.literaso

23 Feb

keren, pentigraf nasehat yg bijak...

22 Feb
Balas

Indah dan menarik serta menginspirasi pentigrafnya pak guru. Salam literasi

22 Feb
Balas

Terima kasih Pak...salam literasi

23 Feb



search

New Post