Harlis Purwaningsih

Fb: Harlis Purwaningsih Lahir di Probolinggo dan mengenyam pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi di kota Malang yang tidak lagi dingin...sehingga memutus...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pisang Mas  dan Olahannya  (02)

Pisang Mas dan Olahannya (02)

MenulisRutin 603(Hari ke 227, tahun ke II) 

Lumajang dikenali sebagai kota penghasil pisang, salah satunya adalah pisang mas kirana, merupakan jenis pisang yang mempunyai ukuran kecil dengan diameter antara 3-4 cm. Kulit pisang emas ini tipis dan mempunyai warna yang kuning terang. Rasa daging dari pisang emas ini sangat manis dan memiliki aroma yang khas. Biasanya pisang emas ini banyak disajikan sebagai pencuci mulut. Beberapa manfaat (5) sudah kita bahas minggu lalu, kita lanjut bahas manfaat nya yang lain ya...

 

6. Mencegah kambuhnya penyakit maag

Kandungan antasid dalam pisang mas ditengarai bisa mengurangi gejala maag, dengan mengonsumsi pisang mas yang memiliki efek antasid, sangan bermanfaat untuk mengatasi gejala sakit maag.

 

7. Menjaga keseimbangan potasium. 

Kondisi stres dapat menguras jumlah potasium di dalam tubuh, maka dengan mengonsumsi pisang mas secara teratur, keseimbangan kadar potasium bisa dijaga, sekaligus dapat diperoleh efek menenangkan pikiran yang sedang jenuh alias suntuk

 

8. Memperkuat tulang. 

Pisang emas adalah buah yang banyak mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membuat tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisi. Hal ini secara tidak langsung akan membiarkan tubuh menyerap kalsium dengan mudah. Dengan demikian tulang kita akan lebih kuat.

 

9. Mengatasi anemia.

Pisang emas ini merupakan buah yang banyak mengandung zat besi, berbagai vitamin, serta mineral dengan kadar yang tinggi. Berbagai kandungan tersebut akan berfungsi untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

 

10. Sebagai pembersih wajah dan juga menyehatkan kulit

 

Selain daging pisang emas mempunyai banyak manfaat, kulit buah pisang emas ini ternyata juga mempunyai khasiat. Kulit pisang emas berguna untuk membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak dan mati. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggosokkan kulit pisang yang bagian dalam pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 45-60 menit. Lakukan perawatan ini sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

OLAHAN PISANG MAS

Komposisi untuk memasak Sale pisang Mas

Ambil 2 sisir pisang mas.

Tambahkan 1/2 kg tepung ketan.

Ambil 1 sdt garam.

Tambahkan Secukupnya air matang.

Ambil 1 sdt vanili cair.

Tambahkan Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Cara membuat Sale pisang Mas

Kupas pisang daei kulitnya, dan Potong memanjang pisang sesuai selera (biasa 1 buah pisang di bagi 4 bagian, karena ini kecil,saya potong menjadi 3 bagian).

Jemur pisang dibawah terik matahari selama 1 hari.karena kurang kering saya oven pisang dengan suhu 150 derajat selama 1 jam (sesuaikan kondisi oven masing masing) alasi loyang dengan baking paper agar tidak lengket. Jika sudah keluarkan dr oven..

Ditempat lain. Buat adonan tepung ketan dengan mencampurkan vanili, air dan garam. (Tidak terlalu kental atau cair).Celupkan pisang kedalam adonan.

Siapkan minyak di wajan lalu panaskan. Goreng pisang dengan menyiram yiramkan minyak ke pisangnya. Setelah warna kecoklatan, tiriskan dan sajikan..

 

https://faktualnews.co/2018/12/02/14-manfaat-pisang-emas-bagi-kesehatan-manusia/111011

https://cookpad.c/id/cari/pisang%20mas%20goreng

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post