Harlis Purwaningsih

Fb: Harlis Purwaningsih Lahir di Probolinggo dan mengenyam pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi di kota Malang yang tidak lagi dingin...sehingga memutus...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pisang Mas, Manfaat dan Olahannya

MenulisRutin 596(Hari ke 221, tahun ke II)

Lumajang dikenali sebagai kota penghasil pisang, salah satunya adalah pisang emas kirana, merupakan jenis pisang yang mempunyai ukuran kecil dengan diameter antara 3-4 cm. Kulit pisang emas ini tipis dan mempunyai warna yang kuning terang. Rasa daging dari pisang emas ini sangat manis dan memiliki aroma yang khas. Biasanya pisang emas ini banyak disajikan sebagai pencuci mulut. Kandungan gizi seperti kebanyakan buah pada umumnya, pisang emas merupakan jenis buah yang menyehatkan dan juga kaya manfaat. Hal ini disebabkan buah pisang emas banyak sekali mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, meliputi:

Karbohidrat. Pisang emas mengandung 21,0-33,6 gram per 100 gram karbohidrat. Dimana karbohidrat dalam pisang emas ini meliputi glukosa, sukrosa, dan fruktosa.. Pisang emas mengandung beberapa macam vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam folat., adapun kandungan mineralnya yang terdapat dlam pisang emas antara lain potasium (kalium) dan zat besi.Pisang emas merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari pisang emas, antara lain:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Pisang emas adalah jenis buah yang banyak mengandung serat. Serat ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan sehingga mengonsumsi pisang emas dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan.

2. Meningkatkan fungsi ginjal

Kandungan potasium dalam pisang emas dapat mengontrol pengeluaran kalsium dalam urine dan kondisi yang demikian akan membantu fungsi ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, serta akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi serta sodium yang rendah dalam pisang emas merupakan perpaduan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena stroke.

4. Meningkatkan energi

Pisang emas merupakan buah yang mengandung banyak karbohidrat sehingga pengonsumsian buah ini secara rutin akan meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh.

5. Menyehatkan penglihatan

Mengonsumsi buah pisang emas secara teratur setiap hari ternyata dapat menyehatkan indra penglihat. Gangguan penglihatan yang diatasi adalah yang berkaitan dengan usia. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi pisang emas minimal 3 porsi buah setiap harinya.

OLAHAN PISANG MAS

Bahan-bahan

20 biji(sesisir kecil pisang mas)

Bahan tambahan

sdm tepung terigu

2,5 sdm gula pasir (bisa pakai gula halus)

1/4 sdt garam

1 sdm margarin

Langkah

Pisahkan pisang dari bijinya ya....

Masukan tepung, gula pasir, margarin dan garam. Aduk - aduk sampai rata. Tes rasa (cicipi)

Panaskan minyak, goreng adonan pisang masing - masing 1 sdm. Goreng sampai kecoklatan.

Jika sudah kecoklatan angkat dan tiriskan. Dan....ayo makan, rasanya manis dan gurih, apalagi jika makannya ditemani secangkir teh hangat tambah nikmat.

Sumber

https://faktualnews.co/2018/12/02/14-manfaat-pisang-emas-bagi-kesehatan-manusia/111011

https://cookpad.c/id/cari/pisang%20mas%20goreng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post