Harmailis

Pengajar dan pemerhati pendidikan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Keteladanan yang Patut dicontoh.

Ketauladanan Pilar Utama Dalam Pendidikan

Ustadz Muhammad Hadi

Jum'at 13 Maret 2020 Jam 08.00-09.00

Masjid Nurul Fallah Kampus Politani Payakumbuh

Pendidikan bukan hanya pendidikan formal

Rasulullah bersabda:

"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi (HR. Bukhari).

Pendidikan dimulai dari sejak masa anak dilahirkan. Ketika anak lahir akan meniru apa yang dikatakan dan dilakukan orang tuanya.

Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anak.

Keteladanan dimulai dari orang tua

Pendidikan dimulai dari rumah

Allah berfirman dalam surat Al Ahzaab: 21 "Rasulullah suri tauladan"

Orang tua yang memberikan contoh kepada anak perlu untuk belajar dengan hadir pada majlis ilmu.

Harus ada sinergitas antara sekolah dengan orang tua sehingga anak mendapatkan keteladanan dari orang tua dan guru.

Ketika seorang guru berhenti menuntut ilmu berarti tak layak lagi mengajar karena seorang guru harus selalu belajar.

Seorang tawanan perang masuk islam karena keteladanan Rasulullah bergaul dengan para sahabat.

Demi Allah, Muhammad sebelumnya engkau adalah orang yang paling aku benci dan demi Allah setelah aku masuk Islam Engkaulah yang paling aku sayangi.

Keteladanan bukan hanya dg kata-kata tapi dengan perbuatan

Sebagai pendidik berikanlah keteladanan kepada mahasiswa.

Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus dilakukan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post