haryono

Harry B. Pras nama ini menggabungkan nama pemberian orang tuaku, dan nama bapakku. Aku diberi nama Haryono oleh bapakku yang bernama Bedjo Prasodjo. Sebagai seo...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR MEMBUAT E-BOOK UNTUK BUKU/NOVEL TULISAN SENDIRI
PADA HERAN YA, SEDANG MELIHAT ORANG NGEPRINT MODE BOOKLET

BELAJAR MEMBUAT E-BOOK UNTUK BUKU/NOVEL TULISAN SENDIRI

Rasa kesal dan limbungku sudah memuncak. Setiap masuk ke arena kelas yang satu itu, konsenterasi anak didikku kurang sempurna. Mereka lebih focus dengan kegiatan eskul-nya dari pada materi-materi akademik yang kuajarkan. Namun sebagai seorang pendidik, amarah boleh saja memuncak, tapi hati harus tetap dingin. Guru itu ibarat seorang dalang, yang tidak akan pernah kehilangan peran atau cerita.

Bagaimana aku harus mengatasi kesenangan anak didikku supaya mereka dapat berbagi konsenterasi, antara kegiatan eskul dan akademik. Keduanya dapat berjalan seiring—sejalan—seimbang, dan menghasilkan karya yang benar-benar nyata.

Awal mula aku sodorkan tugas-tugas secara kelompok. Mereka mengumpulkan berberapa literatur yang diperoleh dari internet, supaya dipelajari isi materinya secara bersama-sama. Kegaduhan pasti saja terjadi. Bising di sana-sini tentu saja berarti, itu semua karena suara mereka sedang diskusi.

Anak-anakku pastinya langsung kaget, ketika tayangan di layar proyektor kutontonkan. Video itu hanya tayangan power point sederhana tulisanku.

1. Buatlah literatur yang sudah kalian dapatkan disatukan ke dalam kertas berukuran A4.

2 Seting margin rata 1 : 1 : 1 : 1 kalau ukuran menggunakan inchi. Sedangkan ukuran menggunakan cm dapat diseting 2,4 cm.

3. Pilihan ukuran kertas A4 silahkan diganti menjadi custom. Ubah menjadi 5 x 8 untuk ukuran inchi atau 13 x 19 cm.

4. Pada saat diubah menjadi ukuran custom ini, pasti ada gambar-gambar yang tidak muat masuk ke dalam seting margin. Lakukan proses sunting dan editing.

5. Kalau semuanya sudah tertata rapi, cek dan ricek sekali lagi. Ukuran font, bentuk huruf yang akan dicetak dan lain-lain sesuaikan aturan yang diinginkan. Standarnya pakai type huruf Time New Romans dengan ukuran font 12. Untuk judul silahkan pakai ukuran font 14.

6. Pergunakan MS word yang dipakai untuk menulis, telah tersingkronisasi dengan aplikasi untuk converter PDF. Misalkan, minimal MS word 2010 yang sudah ada converter pdfnya.

7. Simpan tulisan yang sudah rapi, jangan lupa diberi nama filenya.

8. Lakukan proses converter dari word ke pdf. Simpan file tersebut. Berarti kalian sudah membuat sebuah buku elektronik (e-book) pertama kali. Kalau itu tulisan novelmu, dapat kalian bagikan ke teman-temanmu. Kalau otak bisnismu melihat adanya peluang pada sesi ini. E-bookmu ini sudah akan menghasilkan materi yang lumayan apabila dijual.

9. Siapkan mesin printer yang sudah terinstalasi drivernya dengan perangkat PC kalian.

10. Buka file pdf hasil converter dari word dengan aplikasi Foxid Reader. Pilihlah printer yang sesuai.

11. Dalam proses pemilihan printer, pilih mode BOOKLET kemudian pilih mode LEFT supaya hasil cetaknya seperti buku/novel. Kalau dipilih RIGHT, nanti membuka bukunya seperti Al-quran. Supaya proses cetaknya lancar dan tertata, pilih lagi mode FRONT, karena pada proses ini mesin cetak akan mencetak bagian depan terlebih dahulu. Pilih print/cetak. Tunggu proses pencetakan selesai. Jangan sekali-kali mengubah-ubah kertas hasil cetakan sebelum semua halaman tercetak.

12. Setelah proses cetak halaman FRONT selesai semua, angkat kertas dan masukan ke printer kembali. Pilih mode BACK. Kemudian Pilih print/cetak. Catatan penting: Hati-hati saat memasukan kertas hasil cetak FRONT. Ikuti alur proses pencetakan. Kalau terbalik nanti hasil cetaknya bersebrangan antara cetak FRONT dengan BACK.

13. Selesai sudah proses pembuatan buku kali ini.

Catatan:

Kalau di MS Word-mu versi lama, belum ada converter PDF (Foxit Reader PDF), kalian bisa conversi file word yang sudah rapih secara online. (Google—kata kunci converter word to pdf). Untuk langkah selanjutnya silhakan ikuti cara aplikasi converter online tersebut. Selamat belajar semoga sukses….

Lihatlah hasilnya….

Kalian luaaaar biaaasaaaa...!!! Aku biasaaaa di luuaaaaarr!!!
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak! Jd terinspirasi nih

09 Oct
Balas

saya sudah mengajarkan ke anak-anak. Kolaborasi dengan bu Euis yang memeri tugas anak-anak bikin novel. Hanya modal word dan koverter pdf, sudah jadi buku. Untuk ngeprintnya kudu pakai foxit reader... selamat mencoba

09 Oct

Keren Pak Haryono. Terimakasih sudah berbagi ilmu dan informasi. Semoga menjadi amal jariyah, aamiiin

21 Oct
Balas

Aamiiiiin, sama-sama Bu...

23 Oct

Kereen...mw coba ahh

09 Oct
Balas

wajib dicoba. Bikin naskah novel yang kukirimkan sudah terpola ukuran 13x19 atau 5x8

09 Oct

Kereen... Pengen nyoba, sudah lama saya pengen bisa buar e-book. Terima kasih ilmunya,Pak

09 Oct
Balas

ayo dicoba, share ke yang lain

09 Oct

Masya Allah,....kreatif habisss. Jazakallah khoir sudah berbagi, Pak Guru. Tak ada alasan faktor "U". Saya ingin mencobanya juga. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

09 Oct
Balas

Terima kasih, Aamiiiiiin

09 Oct

Manteepp.mksh.

18 Oct
Balas

terima kasih bu Neneng....

23 Oct

Mantap...Pak.

10 Oct
Balas

makasih pak Seno

23 Oct

Hebat pak berbagai ilmu semoga tambah berkah

09 Oct
Balas

Aamiiiiiiin...

09 Oct

Barokallah... Kereeen. Makasih

09 Oct
Balas

Aamiiiin, dicoba silahkan

09 Oct

Mantap

10 Oct
Balas

makasih Bu...

23 Oct

Great

09 Oct
Balas

makasih Bu

09 Oct

Wah, walau terseok seok mencoba menulis, disela waktu yang begitu sempit, membaca tulisan pak Har ini aku jadi berubah pikiran, walau bukan bidangnya, kan dicoba untuk anak anak, semoga manfaat untuk bekal mereka lepas dari sekolah ini ya.. Aamiin

23 Oct
Balas

Alhamdulillah, terbuka juga wawasan bu H5h. Gak ada kata terlambat, menulis itu tanpa modal. Modal besarnya hanya menghalau rasa malas saja....SEMANGAT Bu...., jangan kalah dengan anak-anak, yang diberi tugas bikin Novel. Tulisan mereka juga bagus-bagus, layak terbit....

23 Oct

Keren pak , engga ngebosenin hehehe

18 Oct
Balas

Mantapp pak

18 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Sangat bermanfaat pak. Langkah langkahnyanya pun mudah dipahami dan dapat menjadi inspirasi untuk anak muda jaman sekarang. Semangat terus pak membuat bukunya.

29 Oct
Balas

Mantap pak, terimakasih tulisannya bisa menginspirasi saya dan orang banyak. Semoga bisa menghasilkam karya-karya yang baik dan bermanfaat lagi..

29 Oct
Balas

Mantapp pakk

19 Oct
Balas

Ceritanya bikin seru

20 Oct
Balas

Sangat mudah di pahami dan bagus saat membacanya pak dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita yang sedang menikmati nya dan suatu hari nanti saya juga ingin membuat e-book saya sendiri

20 Oct
Balas

Sangat mudah di pahami dan bagus saat membacanya pak dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita yang sedang menikmati nya dan suatu hari nanti saya juga ingin membuat e-book saya sendiri

20 Oct
Balas

Sangat mudah di pahami dan bagus saat membacanya pak dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita yang sedang menikmati nya dan suatu hari nanti saya juga ingin membuat e-book saya sendiri juga

20 Oct
Balas

bagus sekali dan sangat memotivasi ,semoga bermanfaat bagi penulis dan yang membaca

20 Oct
Balas

bagus sekali dan sangat memotivasi ,semoga bermanfaat bagi penulis dan yang membaca

20 Oct
Balas

Bagus sekali pak bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat menginspirasi banyak orang untuk membuat e-book

20 Oct
Balas

Sangat menarik untuk membuat dan sangat menginspirasi banyak orang yang tidak mudah melakukan hal yang dia ingin lakukan seperti membuat e-book dan akan menjadi mudah membuat e-book dengan ilmu yang bapak berikan.....terima kasih pak..

20 Oct
Balas

Mantap pak, jadi gak sabar pengen coba, semoga bermanfaat untuk semuanya pak.

20 Oct
Balas

Keren, sangat kreatif dan menarik untuk di baca dan juga dapat memotivasi untuk para pembaca, semoga bermanfaat untuk semuanya pak, dan semoga sukses selalu dalam semua karyanya pak

20 Oct
Balas

terima kasih, semoga bermanfaat

24 Oct

keren pak. bahasanya juga mudah dimengerti dan langkah-langkahnya sangat terperinci. intinya sangat bermafaat bagi saya.

20 Oct
Balas

Wow, sangat menarik sekali. Kini saya bisa membuat ebook sendiri. Sangat bermanfaat.

20 Oct
Balas

Sangat bagus dan menarik pak. Bahasa nya mudah di mengerti dan di pahami dan bisa menjadi sumber inspirasi saya yang ingin membuat e-book terima kasih pak.

21 Oct
Balas

Sangat bagus dan menarik pak. Bahasa nya mudah di mengerti dan di pahami dan bisa menjadi sumber inspirasi saya yang ingin membuat e-book terima kasih pak.

21 Oct
Balas

Sangat bagus dan menarik pak. Bahasa nya mudah di mengerti dan di pahami dan bisa menjadi sumber inspirasi saya yang ingin membuat e-book terima kasih pak.

21 Oct
Balas

Sangat bagus pak, dapat menginspirasi kita dalam membuat e-book. Langkah langkahnya dibuat dengan rinci dan mudah dipahami. Sangat bermanfaat untuk membuat tugas nanti.

20 Oct
Balas

Sangat menarik. Karena penggunaan atau pemilihan kata yang baik, saat membacanya terasa seperti sedang terjadi. Ini dapat menjadi sumber inspirasi dan patokan dalam membuat e-book.

20 Oct
Balas

Sangat menarik, bahasanya mudah di pahami dan bahasanya singkat padat jelas

20 Oct
Balas

Bagus pa, tulisannya menarik,gabikin bosen.semoga saya dan teman² saya bisa praktek e-booknya dengan mudah aamiin

21 Oct
Balas

Keren pak artikelnya mudah dipahami,mudah mudahan saya bisa praktek membuat e-book nya

20 Oct
Balas

Sangat menarik dan mudah dipahami.langkah langkahnya sangat rinci dan runtut. sehingga para murid bisa mengikuti apa yang telah ditulis.

21 Oct
Balas

Langkah langkah yang bapak tulis sangat mudah dipahami, saya jadi mengerti cara membuat ebook

21 Oct
Balas

Langkah langkah yang bapak tulis sangat mudah dipahami, saya jadi mengerti cara membuat ebook

21 Oct
Balas

Terimakasih pak, langkah - langkahnya mudah dicermati dan dipahami.

21 Oct
Balas

Sangat mudah dipahami dan di cermati

21 Oct
Balas

Petunjuk yang bapak berikan sangat mudah dimengerti dan dilakukan, bahasa yang bapak gunakan pun tidak membuat saya kesulitan memahami, sangat menginspirasi

21 Oct
Balas

Keren pa,tetap semangat berkarya pa,artikelnya bermanfaat banget,semoga saya bisa praktek membuat e-book nanti

21 Oct
Balas

Sangat menarik pak! Saya jadi terinspirasi untuk membuat e-book, langkah langkahnya sangat mudah dipahami. Mantap lah pokoknya mah

21 Oct
Balas

Sangat menarik pak! Saya jadi terinspirasi untuk membuat e-book, langkah langkahnya sangat mudah dipahami. Mantap lah pokoknya mah

21 Oct
Balas

Sangat bagus pak artikel nya,langkah-langkahnya mudah dimengerti dan bisa memotivasi banyak orang semangat terus berkarya pak

21 Oct
Balas

Keren pak, bagusss dan sangat bermanfaat. Saya jadi terinspirasi membuat e-book

21 Oct
Balas

Bagus bangt pa, terus semangat ya pa, semoga nnti saya mencoba membuat e-book

21 Oct
Balas

Mantap pa, langkah langkahnya mudah dipahami. Semoga nnti saya juga bisa membuat e-book nya

21 Oct
Balas

Keren pa,tetap semangat berkarya pa,artikelnya bermanfaat banget,semoga saya bisa praktek membuat e-book nanti

21 Oct
Balas

Bagus banget pak, bahasa nya mudah dimengerti. Sangat bermanfaat sekali. Semangat trs pak! :)

21 Oct
Balas

Terimakasih pak atas tutorial nya, tiap tahapan nya sangat jelas dan mudah di pahami, isinya pun sangat mengispirasi

21 Oct
Balas

Masya allah...tabarakallah..mantap pa terima kasih sudah membagikan ilmunyaa....semoga apa yang telah bapak berikan bermanfaat untuk semuanya terutama saya yang ingin belajar membuat e-book

21 Oct
Balas

Terima kasih banyak pak..sangat mudah dipahami setiap tahapannya, semoga dapat menginspirasi banyak orang..semangat terus pak :)

21 Oct
Balas

Sangat menarik dan dapat menginspirasi seseorang, Semangat terus pak.

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami dan dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami d an dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami d an dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami d an dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami d an dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya dapat dipahami d an dapat dicerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya

21 Oct
Balas

Mantul sekali pak langkah-langkah nya, kata-kata nya juga dapat tercerna oleh para pembaca, dan terima kasih banyak pak atas informasi pembuatan e-book nya.

21 Oct
Balas

Cerita nya bagus pak, memberi inspirasi.

21 Oct
Balas

Kata kata yang mudah dicerna, dan membuat saya terinspirasi, terimakasih pak

21 Oct
Balas

Ceritanya bagus pak di dalam ceritanya banyak kata"inspirasif,kata"nya mudah di cerna,dan mudah untuk diingat.

21 Oct
Balas

Ceritanya bagus, langkah-langkah mudah dipahami, sangat memotivasi, dan membantu kita membuat e-book sendiri dirumah.Terima kasih pak

21 Oct
Balas

Mantap kali ceritanya kata katanya mudah dipahami dapat memberi inspirasi dan mudah untuk di pahami. Dan tulisannya indah, Terima kasih pak

21 Oct
Balas

Terimaj kasih pak,kata-katanya mudah dipahami ,dapat memberi inpirasi,Dan mudah untuk dipahami. Tetap semangat pak

21 Oct
Balas

Terima kasih pak,kata-katanya mudah dipahami ,dapat mjemberi inpirasi,Dan mudah untuk dipahami. Tetap semangat pak

21 Oct
Balas

Keren pam bahasanya, terimakasih ilmunyaa dan bahasanya mudah di pahami.

22 Oct
Balas

ayo belajar menulis, bareng bareng

24 Oct

Terimakasih,artikel ini sangat membantu dalam pembuatan e book kalimatnya jelas,padat dan mudah dipahami.Terlebih juga artikel ini dapat menginspirasi generasi muda.tetap semangat pak

23 Oct
Balas

Ayo, semangat menulis. Semangat menggiatkan literasi...

23 Oct

Keren pak, ilmunya sangat bermanfaat.. semoga bapak sehat selalu dan terus menghasilkan karya-karya yg bermanfaat

29 Oct
Balas

mantap pak,lanjutkan tulisannya menarik,semoga bisa bermanfaat bagi semua dan semoga bisa menghasilkan karya karya yang lainnya

29 Oct
Balas

Mantap pak bisa di jadikan referensi bagi pembaca.

29 Oct
Balas

Mantapp banget pak. Ilmunya sangat bermanfaat disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti

29 Oct
Balas

Mantapp banget pak. Ilmunya sangat bermanfaat disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti.. Semangat terus pak

29 Oct
Balas

Isi nya bagus dan sangat bermanfaat. Beberapa kali saya lihat karya tulisan bapa bahasanya tidak membosankan dan friendly membuat pembaca nyaman. Semangat selalu pak dalam menulis. Salam literasi

29 Oct
Balas

Mantap pak.. Sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita juga

29 Oct
Balas

Mantap pak sangat bermanfaat dan berguna untuk pelajaranw

29 Oct
Balas

Bagus banget pak, tulisannya mudah dicerna jadi cepat ngerti, isinya juga bermanfaat sama nolong banget pas kita mau buat ebook sama mau ngeprint kayak buku-buku atau novel

29 Oct
Balas

Bagus banget pak, tulisannya mudah dicerna jadi cepat ngerti, isinya juga bermanfaat sama nolong banget pas kita mau buat ebook sama mau ngeprint kayak buku-buku atau novel

29 Oct
Balas

Sukses terus pak semoga ilmu yg bapak berikan dapat bermanfaat bagi kami

29 Oct
Balas

Terimakasih pak untuk ilmu yang bapak berikan,sangat membantu saya dalam membuat buku novel dengan benar

29 Oct
Balas

Ceritannya sangat bagus,dan juga dapat menambah lebih ilmu dan wawasan

29 Oct
Balas

Bagus banget pak sangat banyak ilmunya

29 Oct
Balas

Bagus banget pak sangat banyak ilmunya

29 Oct
Balas

Terima kasih pak untuk ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat dan berguna untuk membuat buku novel dengan benar

29 Oct
Balas

Terima kasih pak, langkah langkahnya sangat mudah di ikuti, sangat membantu sekali,dengan langkah langkah ini membuat sebuah buku jadi lebih gampang, semangat pak memberi inspirasi untuk orang banyak:)

29 Oct
Balas

menggunakan bahasa sehari-hari sehingga untuk memahaminya mudah.terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat sekali.saya jadi tahu untuk membuat sebuah buku novel.

29 Oct
Balas

menggunakan bahasa sehari-hari sehingga untuk memahaminya mudah.terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat sekali.saya jadi tahu untuk membuat sebuah buku novel.

29 Oct
Balas

Keren pak, bisa dicoba sendiri, langkah-langkahnya simpel enak jadi mudah di ikutin

29 Oct
Balas

Bagus ,unik, mudah dipahami Sukses terus pak

29 Oct
Balas

Terima kasih pak,semoga sukses selalu langkah-langkah membuat e-book ini sangat membantu saya banget, kalimatnya sangat mudah di pahami,dengan Langkah-langkah ini membuat buku tidak sesulit yg kita pikirkan. semangat terus pak,untuk membagi ilmunya kepada semua orang:)

29 Oct
Balas

Pembahasannya sangat bermanfaat sekali pak,langkah" tntng cara membuat e-book pun sangat mudah dipahami.semoga kedepannya bapa bisa memberikan ilmu yg lebih bnyk dan bermanfaat untuk semua orang.semangatt teruss pak

30 Oct
Balas

Terimakasih pak, dengan semua langkah-langkah ini membuat saya sangat membantu, semangat terus pak memberi inspirasi kepada semua orang banyak

29 Oct
Balas

Bagus pak. Artikel ini sangat membantu saya dalam pembuatan e-book. Bapak menjelaskannya dengan simple sehingga mudah dipahami.

29 Oct
Balas

Artikel nya bermanfaat sekali pak untuk saya dan mudah mudahan bermanfaat juga untuk yang lain karena jarang sekali yang lumayan detail,pasti bakal ngebantu untuk semua kalangan yang ingin membuat e-book buku/novel apalagi untuk kalangan pemula Insyaallah akan saya share Terimakasih pak untuk Artikelnya(≧∇≦)/

29 Oct
Balas

Terimakasih pak untuk ilmu yang bapak berikan,sangat membantu

29 Oct
Balas

Keren pak ceritanya sangat menginspirasi banget.terus juga bnyak banget ilmu yang di dapat dari cerita ini

29 Oct
Balas

Mnurut saya artikel ini sangat bermanfaat, menjelaskan secara baik mengenai pembuatan e-book, penjelasannya juga diawali dengan cerita fakta yang menarik tentang kita, artikel ini mengajak pembaca untuk ikut berfikir mengenai pendapat yang ia tuangkan ke dalam artikel ini, bahasanya mudah dimengerti sehingga inti yang bapak sampaikan bisa saya terima dengan mudah, terimakasih pak, bermanfaat sekali untuk saya maupun orang lain

29 Oct
Balas

Saya sangat berterima sekali kepada bapa, saya sudah membaca artikel ini sangat menginspirasi sekali artikel ini dan sangat bermanfaat sekali. Terima kasih pak sudah membuat kan artikel ini yang sangat membantu saya dan orang lain, apalagi tulisannya sangat menarik dan dapat dipahami, sukses terus pak kedepannya.

29 Oct
Balas

Keren pakk saya jadi semangat untuk membuat ebook sendiri :)

29 Oct
Balas

Wahhh hebat pak,kreatif dan sangat berguna untuk seseorang yang ingin membuat e-book,terima kasih untuk ilmu nya pak,karna artikel bapak,saya jadi tidak bingung lagi untuk membuat e-book sendirii

29 Oct
Balas

Isinya sangat bermanfaat pa,bagi pelajaran di sekolah saya terutama dalam pembuatan novel, makasi banyak pa. Semoga sukses terus pa

30 Oct
Balas

Keren sekali pak, tambah ilmu untuk penulis baru di Wattpad yang mau bikin ebook novel nya sendiri!

30 Oct
Balas

Mantap pak,Sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita

06 Nov
Balas

Tutorialnya mudah dimengerti pak, terimakasih sudah berbagi ilmunya.

02 Dec
Balas

Mantul pak. ilmu yang bermanfaat

24 Mar
Balas



search

New Post