Hartini

Hartini adalah seorang guru IPA di SMPN 1 Cigombong, Kabupaten Bogor...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBUAT BENDA NETRAL MENJADI BERMUATAN LISTRIK (69) Bagian. 1
fismath.com

MEMBUAT BENDA NETRAL MENJADI BERMUATAN LISTRIK (69) Bagian. 1

Sebelumnya telah dibahas, bagaimana benda yang tadinya netral bisa berubah menjadi bermuatan positif atau negatif. Pada dasarnya, benda netral memiliki jumlah muatan positif (proton) yang sama dengan jumlah muatan negatifnya (elektron). Bisakah benda netral dibuat menjadi benda bermuatan? Tentu saja bisa, Bagaimana caranya? Benda netral dapat menjadi benda bermuatan dengan tiga cara, yaitu menggosok, menyentuh, dan menginduksi.

a. Menggosok

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan menggosok dua benda bisa menyebabkan berpindahnya elektron sehingga benda menjadi bermuatan. Contohnya, mistar plastik menjadi bermuatan negatif setelah digosokkan ke rambut. Mistar plastik menjadi bermuatan negatif dan rambut menjadi bermuatan positif. Elektron dari rambut berpindah ke mistar. Bagaimana dengan benda-benda yang lain? Mengapa tidak terjadi sebaliknya, misalnya penggaris bermuatan positif dan rambut bermuatan negatif?

Deret tribolistrik adalah urutan deret benda yang akan bermuatan listrik negatif bila digosok dengan sembarang benda di atasnya dan akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan benda di bawahnya.

Di bawah ini adalah deret tribolistrik.

1) Bulu kelinci

2) Kaca

3) Mika

4) Rambut manusia dalam kondisi kering

5) Nilon

6) Wol

7) Sutera

8) Kertas

9) Karet balon

10) Ebonit

11) Perak dan kuningan

12) Kain Poliester

13) Stirofoam

14) Plastik

15) Vinil PVC

Daftar tribolistrik di atas menunjukkan bahan yang cenderung bermuatan positif (+) dan bahan yang cenderung menjadi benda bermuatan negatif (-). Semakin ke atas menunjukkan, semakin besar kecenderungan elektron berpindah ke bahan lain (semakin bersifat positif). Kebalikannya, semakin ke bawah, semakin besar kecenderungan elektron berpindah ke bahan tersebut (semakin bersifat negatif).

Daftar Pustaka

https://idschool.net/smp/fisika-smp/muatan-listrik-dan-cara-membuat-benda-bermuatan-listrik/

https://www.matrapendidikan.com/2019/10/memahami-deret-tribolistrik.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Buatkan laporannya Bu, itu jadi media alat peraga yang Ibu buat lumayan nilainya 2

30 Mar
Balas

siap... terima kasih informasinya, Bu Ihat....

30 Mar



search

New Post